Kamus Alkitab Indonesia Abjad R





  • RABI : Kata Ibrani yang berarti guru atau guruku. Sebagai bentuk sapaan terhadap para ahli Taurat dan Farisi. Juga Rabuni ( Markus 10:51, Yohanes 20:16 ) sama artinya. 

Kemudian arti suku kata menjadi gelar resmi guru ahli taurat agama Yahudi. Dalam Yudaisme rabi atau rabuni menjadi suatu tanda penahbisan para pengajar. Dalam surat Matius 23:8 murid - murid Yesus dilarang memanggil rabi karena menurut mereka hanya ada satu Rabi yaitu Yesus Kristus seperti yang tertulis di Markus 10:51 dan Yohanes 20:16


  • RAJA WILAYAH : Penguasa atas daerah yang kecil, antara lain Herodes Antipas atas Galilea ( Matius 14:1 , Lukas 3:1 , Kisah Para Rasul 13:1 ). 

Gelar raja wilayah dalam bahasa Yunani kuno memiliki arti sebagai penguasa seperempat wilayah, gelar raja wilayah khusus digunakan para penguasa empat wilayah Tesalia. Gelar raja wilayah diberikan oleh penguasa Roma kepada setiap penguasa daerah di wilayah timur kerajaan Romawi.
Herodes Agung memerintah Palestina sebagai raja si bawah kekuasaan Romawi, ketika ia meninggal anak - anaknya bertengkar ingin berebut harta wasiatnya, mereka naik banding pada Kaisar Agustus, dan akhirnya Kaisar membagikan kerajaan Herodes kepada tiga anaknya.
Aekhelaus ditetapkan sebagai penguasa Yudea, Samaria dan Idumea.
Herodes Antipas ditetapkan sebagai raja wilayah Galilea dan Perea.
Filipus ditetapkan sebagai raja wilayah Batanea, Trakhonitis, Iturea, Gaulanitis dan Auranitis, yaitu wilayah timur laut danau Galilea


  • RAHAB : Semacam naga purbakala yang melambangkan kekuasaan laut, kadang - kadang pula Mesir ( bandingkan dengan Lewiatan ). 

Dalam Ayub 26:12 ketika dikatakan bahwa Allah meremukkan Rahab dengan kebijaksanaan Tuhan, yang dimaksud adalah pengekangan kekuatan pengacau yang ada di dalam laut.

Namun dalam Perjanjian Lama penggunaan kata Rahab sering dipakai mengenai peristiwa penyelamatan Israel dari Mesir ketika Allah memperlihatkan kuasaNya atas laut yang dalam dan luas, juga kuasa lainnya yang menentang kehendakNya.
Istilah Rahab menjadi julukan bagi bangsa Mesir( Mazmur 87:4 )

  • RAHASIA : ( Misteri ) Rencana keselamatan dunia yang baru disingkapkan dengan kedatangan Yesus Kristus. Dalam pemberitaan Injil rahasia itu dinyatakan oleh Roh Kudus ( misalnya Roma 16:25, Kolose 1:26-27 ). 
Bila mengutip ayat dalam surat Daniel 2:27 yang berkata:
Daniel menjawab, katanya kepada raja: "Rahasia, yang ditanyakan tuanku raja, tidaklah dapat diberitahukan kepada raja oleh orang bijaksana, ahli jampi, orang berilmu atau ahli nujum.
Ayat ini memiliki makna yang sangat luar biasa karena Tuhan Allah yang ada di sorga yang menyingkapkan apa tidak diketahui manusia, sebijaksana bagaimanapun manusia tersebut (Daniel 2:28). Semua gambaran apapun yang akan terjadi di kemudian hari dan segala rencana kekal Ilahi dimiliki oleh Tuhan Allah yang berada di sorga diberitahukan kepada hamba - hambaNya. Sama seperti surat Lukas 8:10
Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.
Rahasia atau hal - hal yang belum tersingkap terkandung dalam rencana kekal Tuhan Allah yang tersembunyi di dalam Tuhan Allah ( Efesus 3:9 )
Keputusan rahasia Allah yang akan dinyatakan dengan waktu masih membutuhkan penggenapan Ilahi dalam hidup yang kekal seperti dalam surat Wahyu 10:7. Rahasia Allah yang sudah dinyatakan akan digenapi dengan segera, tepat pada saat terdengar bunyi sangkakala malaikat ke tujuh.

  • RASUL : ( Yunani: apostolos ) Artinya: utusan Allah. Khususnya kedua belas murid Yesus diutusNya ntuk turut melakukan pekerjaanNya (Matius 10:1-2), tetapi juga orang - orang lain yang dipanggil untuk memberitakan Injil ( Roma 16:7 ). Yang dipanggil Untuk Orang. kan Injil (Roma 16:7), teristimewa Paulus, rasul untuk bangsa - bangsa bukan Yahudi ( Roma 11:13 ).
Penggunaan kata rasul dalam surat Perjanjian Baru ada lebih dari delapan puluh kali ditulis, dan kebanyakan tertulis dalam surat Lukas dan kitab surat - surat rasul Paulus. Dalam bahasa Yunani menggunakan kata apostello yang termasuk dalam bentuk kata kerja yaitu mengutus.
Dalam surat Ibrani 3:1 dikatakan:
Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus. Sementara itu pada zaman Tuhan Yesus saat masih bersama dengan dua belas murid - muridNya menyatakan bahwa kedua belas murid - muridNya adalah rasul ketika mereka berhasil melaksanakan tugas mereka untuk memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan - setan.


  • ROH - ROH JAHAT : Kuasa - kuasa yang dapat menguasai, memasuki dan mempengaruhi seseorang sehingga ia melakukan dosa atau jatuh sakit. Yesus dan murid-muridNya mempunyai kuasa untuk mengusir roh - roh jahat dan orang yang kerasukan itu. Bandingkan juga dengan setan. 
Seseorang akan disebut kerasukan roh jahat jika menimbulkan akibat yang tidak baik, merusak dan mendatangkan penyakit, namun penderita itu sendiri tidak dipandang sebagai yang jahat atau najis ( Lukas 6:18 ). Roh jahat adalah tentara iblis yang jumlahnya banyak yang senantiasa bermusuhan dengan Allah. Namun pada zaman TUHAN Yesus beberapa orang beranggapan bahwa Yesus dapat mengusir roh jahat karena Yesus sendiri kerasukan iblis ( Lukas 11:15 ) namun pada saat yang bersamaan TUHAN Yesus menyatakan bahwa Yesus mengusir roh jahat dengan kuasa Roh Allah dan tidak mungkin ia mengusir dengan kuasa iblis, sebab jika demikian itu berarti kerajaan iblis sudah  hancur dan tidak ada lagi di muka bumi ini. 
Dalam surat Markus 3:11 berkata: Bilamana roh - roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapanNya dan berteriak: " Engkaulah Anak Allah". Ayat ini menyatakan bahwa iblis juga mengenal siapa TUHAN Yesus.


  • ROH KUDUS : Oleh Roh dan Firman-Nya Allah menciptakan langit dan bumi dan memberi nafas kepada manusia ( Kejadian 1:2: 2:7, Mazmur 33:6 , Mazmur 104:23 ). Roh Allah juga menggerakkan orang - orang tertentu: hakim - hakim, raja - raja, nabi - nabi. Dalam Perjanjian Baru seringkali disebut Roh Kudus atau Roh Allah atau Roh Yesus ( Kisah Para Rasul 16:7 ) atau Roh Anak Allah ( Galatia 4:6 )ialah pelaksana kehendak Allah di bumi. Ia sebagai Penghibur ( Penolong ) melanjutkan dan menerapkan karya Keselamatan Yesus (Yohanes 14:16). Dialah dinamika pekabaran Injil (Kisah Para Rasul 1:8). Ia memberikan kesaksian Allah dalam hati orang - orang percaya bahwa mereka anak - anak Allah (Roma 8:15-16). 
Karena Allah itu Roh adanya ( Yohanes 4:24 ) maka Allah hadir secara pribadi dan berkuasa dan bekerja melalui RohNya sehingga Allah dapat menjadikan yang tidak ada menjadi ada, yang batiniah ke lahiriah dan dari yang tidak kelihatan menjadi kelihatan. 


  • ROMA : Ibukota kekaisaran Romawi. Pusat kekuasaan politik pada zaman permulaan gereja Kristen, ke sana juga Injil dibawa. Akhirnya Paulus sampai di sana, dan mungkin sekali mati syahid dalam penganiayaan oleh Kaisar Nero terhadap orang Kristen. Surat kepada jemaat di Roma ditulis Paulus sekitar tahun 58 di Korintus. 

Keterkaitan Paulus dengan Roma pertama kali dari perjumpaannya dengan Akwila dan istrinya, Priskila, di Korintus ( Kisah Para Rasul 18:2 ). Suami-istri itu meninggalkan Roma karena Kaisar Klaudius mengusir orang Yahudi dari sana. 
Di Roma tidak ada rujukan tentang pertentangan antara Yahudi dan Kristen di Roma, dan ketika Paulus sendiri mencapai Roma para pemuka Yahudi menyatakan tidak tahu - menahu tentang keKristenan ( Kisah Para Rasul 28:22 ).  

Beberapa tahun setelah bertemu dengan Akwila dan Priskila, Paulus memutuskan harus melihat Roma juga ( Kisah Para Rasul 19:21 ). Selang beberapa waktu kemudian, saat menulis Surat Roma ia ingin mengunjungi temannya di situ dalam perjalanannya ke Spanyol ( Roma 15:24 ). Beberapa dari temannya itu disebut dalam pasal 16, yang sudah tinggal di Roma selama beberapa tahun ( Roma 15:23 ), dan dikenal baik juga oleh masyarakat Kristen di luar negeri ( Roma 1:8 ). Paulus berkata bahwa ia tidak mau membangun di atas dasar yang telah diletakkan orang lain ( Roma 15:20 ), tapi itu tidak harus merujuk pada keadaan di Roma, melainkan pernyataan dalam diri rasul Paulus yang menilai pekerjaannya di luar Roma begitu lambat (  Roma 15:22 dan 22 )


  • RUMAH IBADAT : (Yunani: sinagoga) Tempat orang Yahudi berkumpul untuk beribadah pada hari Sabat. Juga dipakai sebagai balai pertemuan dan sekolah.

Kitab - kitab Injil mencatat rumah ibadat Nazaret ( Matius 13:54 , Lukas 4:16 ) dan rumah ibadat Kapernaum ( Markus 1:21  dan Yohanes 6:59 ) yang digunakan Tuhan Yesus untuk memberitakan Kerajaan Allah.
Rasul Paulus banyak menjumpai rumah ibadat di Palestina, Yunani dan Asia Kecil.
Rumah ibadat atau sinagoge memiliki tiga fungsi yakni untuk beribadah, sebagai  pemerintahan di tengah masyarakat dan sebagai tempat pendidikan iman dan karakter baik.


https://www.kristenpunya.com/2023/09/kamus-alkitab-abjad-r.html

Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad R"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel