Kamus Alkitab Indonesia Abjad A




  • AB : 

Salah satu nama bulan pada masa pasca pembuangan ke Babel, setelah kembali ke negeri Israel nama - nama bulan pada kalender Babel tetap digunakan sebagai satuan waktu satu bulan. Bulan ab setara dengan pertengahan bulan Juli sampai pertengahan bulan Agustus. Pada masa itu bulan Ab setiap tahunnya selalu mengadakan panen kebun buah zaitun.


  • ABIA :

1. Anak kedua dari Samuel, seorang nab8 dan juga imam yang mengangkat anak - anaknya menjadi hakim atas orang-orang Israel (1 Samuel 8).

2. Anak Yerobeam, hamba dari raja Salomo (1 Raja-raja 14:1, 2 Tawarikh 13:1)

3. Anak Rehabeam,  cucu raja Salomo, atau kakek raja Yehuda, Yosafat.

4. Salah satu dari Anak - anaknya Bekhar (1 Tawarikh 7:8)

5. Anak Absalom.

6. Salah satu pemimpin para imam pada zaman nabi Nehemia yang ikut mengikat perjanjian teguh antara TUHAN dengan bangsa Israel (Nehemia 10, Nehemia 12:4, Nehemia 12:17).

7. Pemimpin kelompok rombongan imam, yang di dalamnya ada imam Zakharia, bapak dari Yohanes Pembabtis pada zaman pemberitahuan tentang kelahiran TUHAN Yesus Kristus (Matius 1, Lukas 1).


  • ABRAHAM ATAU ABRAM : 

Berasal dari Ur-Kasdim di Mesopotamia Selatan, dipanggil untuk memasuki tanah Kanaan, dimana Allah mengadakan suatu perjanjian dengan dia. Bersama - sama dengan Ishak dan Yakub ia diakui sebagai nenek moyang bangsa Israel ( Kejadian 12-25 ). Dalam Perjanjian Baru diakui sebagai bapa "semua orang percaya”. 


Israel dianggap "benih daripada Abraham”, dan tindakan TUHAN memperbanyak manusia dari satu orang dilihat sebagai penggenapan firman-Nya secara khusus ( Yesaya 51:2 dan Yehezkiel 33:24 ). Kata Allah Abraham mengacu kepada TUHAN di seluruh Alkitab, dan dengan nama itu Ia menampakkan diriNya kepada Musa (Keluaran 3:15). Monoteisme Abraham di tengah-tengah pemujaan berhala (Yosua 24:3), cara Allah menampakkan diri kepadanya (Keluaran 6:3), memilih (Nehemia 9:7), membebaskan (Yesaya 29:22), dan memberkatinya (Mikha 7: 20), dan iman Abraham merupakan tema yang sangat baik untuk nasihat dan pesan moral dalam menjalani kehidupan ini bersama TUHAN. 



Pada zaman Perjanjian Baru Abraham dihormati sebagai leluhur Israel (Kisah Para Rasul 13:26), sebagai leluhur keturunan Lewi yang menerima jabatan imam (Ibrani 7:5), dan sebagai leluhur “Mesias sendiri (Matius 1:1). Pernyataan populer bagi kalangan Yahudi yang mengatakan bahwa bangsa keturunan Abraham membawa berkat dari TUHAN, disangkal oleh Yohanes Pembaptis (Matius 3:9) dan Paulus (Roma 9:7), namun persekutuan Yahudi sebagai keturunan Abraham adalah gambaran dari persekutuan orang percaya dalam Kristus (Galatia 3: 16,29). Sumpah ( Lukas 1:73 ), persetujuan (Kisah Para Rasul 3:13), janji (Roma 4:13), dan berkat (Galatia 3:14) yang dianugerahkan kepada Abraham oleh pilihan Allah yang bebas, diwarisi oleh anak - anaknya karena iman. Iman Abraham adalah model iman yang dibenarkan (Roma 4:3-11), yaitu proklamasi Injil yang universal pada pra-Kristus (Galatia 3:8). Ketaatan Abraham karena iman ketika disuruh berangkat dari "Ur-Kasdim untuk menjalani hidup mengembara seperti 'orang asing', dan ketaatannya untuk mempersembahkan Ishak, dicatat sebagai teladan iman dalam perbuatan (Ibrani 11:8-19, Yakobus 2:21). 


Sebagai nabi yang besar yang menerima perjanjian dari Tuhan, Abraham memainkan peranan yang unik dan baik dalam tradisi Yahudi yang terdapat dalam kitab orang Yahudi (Ecclus 44:19-21: Bereshith Rabba: Pirge Aboth 5. 4: Jos., Ant 1. 7, 8 ) dan Islam (188 pasal atau ayat di dalam Al' qur'an). 


  • ABU : 

Kata ini Terjemahan dari dua kata Ibrani yaitu efer dan desyen. 

1. efer, sering disejajarkan dengan kata 'afar', atau debu, yang berarti hasil pembakaran, dipakai sebagai kiasan yang memberi arti sesuatu yang tidak berarti dan tidak memiliki harga (Yesaya 44:20) dan memuakkan (Ayub 30:19), kesengsaraan (Mazmur 102:9: Yeremia 6:26) dan malu (2 Samuel 13:19), kerendahan diri di hadapan Allah (Kejadian 18:27: Ayub 42:6) dan bentuk perasaan hati yang sedih karena berdosa (Daniel 9:3,  Matius 11:21). Abu juga digunakan dalam upacara untuk membersihkan (Bilangan 19:9-10 dan ayat 17, Ibrani 9:13). Abu sebagai hasil dari sisa korban bakaran yang khusus, disimpan untuk dipakai dengan air yang mengalir untuk membersihkan diri dari kenajisan, dan sebagai tanda berpuasa (Yesaya 58:5, Yunus 3:6). 

2. Desyen yang berarti kegemukan, dipakai untuk sisa-sisa lemak dari korban bakaran (Imamat 6:10-11,  1 Raja-raja 13:3 dan ayat 5, baca juga Imamat 1:16, "tempat abu”).

  • ABYATAR : 

(lbrani 'evyatar', yang memiliki arti "bapak keunggulan”). Putra Ahimelekh yang menyertai ayahnya sebagai imam di Nob. Hanya dia yang luput dari pembunuhan besar-besaran yang dilancarkan Saul terhadap keluarganya. Ia lari membawa efod dan bergabung dengan Daud di Kehila (1 Samuel 22:20-22,  1 Samuel 23:6, 9). Ia membantu membawa kemah suci ke Yerusalem, di mana ia menjadi salah seorang penasihat Daud (1 Tawarikh 5:1, 1 Tawarikh 27:34). Ia dikirim kembali ke Yerusalem bersama putranya, Yonatan, ketika Daud melarikan diri, untuk bertindak demi kepentingan Daud yang bertarung melawan Absalom yang adalah anaknya sendiri (2 Samuel 5:35 dan ayat berikutnya,   2 Samuel 17:15). Menjelang akhir pemerintahan Daud, ia mengadakan komplotan agar Adonia menjadi raja. Ia dipecat dari jabatannya oleh Salomo (1 Raja-raja 1: 2). Abyatar menjadi imam besar selama pemerintahan Daud, Abyatar lebih tua dari Zadok (1 Raja-raja 2:35, baca juga Markus 2:26). 



  • AGRIPA : 

Herodes Agripa II, keturunan Herodes Agung, raja di Palestina Utara ( Kisah Para Rasul 25:13 - 26:32 )


Raja Herodes (Kisah Para Rasul 12:1), dikenal sebagai Agripa. Ia adalah anak dari Aristobulus dan cucu dari Herodes Agung. Setelah ayahnya menjalani hukuman mati pada tahun 7 sebelum Masehi, ia dibesarkan di Roma, erat berhubungan dengan keluarga kaisar. Pada tahun 23 Mia mempunyai hutang, sedemikian besarnya sehingga ia harus meninggalkan Roma. Untuk suatu kurun waktu tertentu ia menerima perlindungan di Tiberias dari pamannya, Antipas, berkat bantuan kakaknya yang perempuan, Herodias, yang baru saja dinikahi Antipas. Tapi dia bertengkar dengan Antipas dan pada tahun 36 Masehi ia kembali ke Roma. Di sini ia melukai perasaan kaisar Tiberius lalu dipenjarakan. Tapi satu tahun kemudian, setelah Tiberius meninggal, ia dibebaskan oleh kaisar baru, Gayus (Kaligula), dan menganugerahkan dia gelar raja dengan wilayah timur laut Palestina sebagai kerajaannya. 


Karena Antipas dihukum dan dibuang pada tahun 39 Masehi, maka daerah Galilea dan Perea ditambahkan ke dalam kerajaan Agripa. Setelah Klaudius menjadi kaisar pada tahun 41 Masehi, kaisar selanjutnya memperluas wilayah Agripa dengan memberikan kepadanya Yudea dan Samaria. Dengan demikian wilayah kerajaannya sama luasnya dengan kerajaan kakeknya. Ia membutuhkan kebaikan orang Yahudi, yang memandang dia keturunan keluarga Hasmonae (dari neneknya, Mariamne) dan ia berusaha menyatakannya. Serangannya terhadap para rasul (Kisah Para Rasul 12:2 ) menjadi lebih populer mungkin karena pergaulan mereka dengan orang - orang non - Yahudi (Kisah Para Rasul 10:1-11:18). Kematiannya yang tiba - tiba pada umur 54 tahun(44 Masehi), dicatat oleh Lukas (Kisah Para Rasul 12:20 ) dan Yosefus (Ant. 19. 343) sedemikian rupa, sehingga kedua cerita itu saling melengkapi. Ia meninggalkan seorang anak laki - laki, Agripa, dan dua anak perempuan, Bernike (lahir pada tahun 28 Masehi), disebut dalam Kis ah Para Rasul 25:13 , dan Drusila (lahir tahun 38 Masehi) yang menjadi istri ketiga dari wali negeri Feliks ( Kisah Para Rasul 24:24 ). 


Agripa, anak dari Herodes Agripa lahir pada tahun 27 Masehi. Ia dinilai terlalu muda untuk menggantikan ayahnya. Tapi kemudian ia menerima gelar raja dari Klaudius, dan memerintah atas wilayah utara dan timur laut Palestina yang diperluas oleh Nero pada tahun 56 Masehi. Ia mengubah nama ibukotanya dari Kaisarea-Filipi menjadi Neronias, sebagai pujiannya terhadap kaisar Nero. Dari tahun 48 sampai pada tahun 66 Masehi Mia mendapat hak istimewa untuk mengangkat imam - imam besar bangsa Yahudi. Ia berusaha sekuat - kuatnya untuk mencegah pecahnya perang Yahudi melawan Roma pada tahun 66 Masehi, ketika usaha ini gagal ia tetap setia kepada Roma dan dihadiahi dengan perluasan kerajaannya. Ia meninggal tanpa keturunan kira - kira sekitar tahun 100 Masehi.



  • AGUSTUS : 

Kaisar Romawi yang memerintah dari tahun 27 Sebelum Masehi sampai tahun 14 Sesudah Masehi ( perbandingan dengan surat Lukas 2:1 ). 
Agustus merupakan nama tambahan yang dipakai oleh Kaisar Oktaviants pada saat ia ditetapkan dalam kedudukannya sebagai kaisar pada tahun 27 sebelum Masehi. Rupanya dimaksudkan untuk menarik perhatian wibawa moral, dalam hal mana ia ungkapkan di Republik Roma. Nama itu beralih kepada pengganti - penggantinya sebagai gelar jabatan. Karena itu istilah Latin 'Agustus' diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani dengan menggunakan kata 'sebastos', yang dalam Kisah Para Rasul 25:21, 25 diterjemahkan 'Kaisar” saja. Dalam Lukas 2:1 ' Kaisar Agustus' menunjuk pada Kaisar Oktavianus sendiri. Agustus merupakan perwujudan cita - cita Romawi, yakni: jasa pribadi memperoleh kehormatan dan kekuasaan. Tapi ia demikian berjaya sehingga tanpa saingan, dan ia harus memikul tanggung jawab secara universal. Ia memerintah 57 tahun ( tahun 43 sebelum Masehi sampai tahun 14 sebelum Masehi ). Di bawah pemerintahannya kerajaan Romawi menikmati zaman perdamaian yang baru.


  • AHLI TAURAT 

Pengajar dan penafsir Perjanjian Lama, khususnya kelima kitab Musa ( Taurat atau Pentateukh ). 



  • ALFA DAN OMEGA : 

Di dalam bidang teologi yang berarti "awal akhir' atau 'yang awal dan yang akhir'  (bandingkan dengan surat Roma 11:36, Efesus1:10). Dengan cara demikian istilah ini dipakai dalam Wahyu 1:8,Wahyu 21:6, Wahyu 22:13. Dalam ayat pertama dari ayat - ayat tersebut kalimatnya menunjuk kepada Bapa, dalam ayat lain kepada Anak. Istilah itu berasal dari huruf-huruf pertama dan terakhir abjad Yunani, sesuai dengan alfabet huruf Ibrani 'alef dan taw. Orang Ibrani, Yunani dan Romawi semuanya memakai huruf-huruf abjadnya sebagai angka, yang menerangkan tentang kemudahan, dengan mana alfa dan omega juga digambarkan sebagai 'awal dan akhir”. Secara alkitabiah, istilah itu menghunjuk pada aktivitas Allah dan Kristus dalam menjadikan dan menyelamatkan.

  • ALFEUS :

1. Ayah Lewi, pemungut cukai (Markus 2:14) umumnya disamakan dengan rasul Matius. Tidak ada yang diketahui tentang dia selain itu.

2. Ayah rasul Yakobus yang disebut 'anak Alfeus' untuk membedakan Yakobus anak Zebedeus (Matius 10:3, Markus 3:18, Kisah Para Rasul 1:13). Dalam bahasa Aram Alfeus adalah Halphai, yang ditransliterasikan dengan Klopas.




Nama kumpulan kitab-kitab yang diakui sebagai kanonik, dan diakui sebagai Firman Allah oleh gereja Kristen. Nama ini, yang berdasarkan pemakaian kata dalam bahasa Yunani menggunakan kata biblia (jamak, buku-buku) bagi keseluruhan kumpulan kitab-kitab itu seolah-olah satu kitab saja. Pemakaian tertua dari biblia, Yunani tabiblia (buku-buku). Buku-buku para rasul menyatakan bahwa gereja telah memiliki biblia sejak dahulu kala sebelum zaman nabi Daniel ( Daniel 9:2 ) Aku, Daniel, memperhatikan dalam kumpulan Kitab” (Ibrani bassefarim), yang menunjuk kepada berkas Kitab-kitab nabi dalam Perjanjian Lama. Pemakaian kata Alkitab dalam bahasa Yunani dalam bentuk tunggal adalah biblion, yang menunjuk kepada segala jenis dokumen tertulis.

Suatu istilah yang sama artinya dengan 'Alkitab' adalah "tulisan-tulisan, yang dalam bahasa Yunani menggunakan kata hai graphai, ta grammata), yang sering dipakai dalam Perjanjian Baru dan menunjuk pada seluruh atau sebagian dokumen Perjanjian Lama, lihat kitab Matius 21:42 dalam versi bahasa Yunani "belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci, ayat yang sejajar dengan yang tertulis dalam Markus 12:10 memakai bentuk tunggal, menunjuk kepada suatu ayat Perjanjian Lama, tidak pernahkah kamu membaca nast ini? Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. ( 2 Timotius 3:15 ) "Kitab Suci (ta hiera grammata), ayat 16, "segala tulisan yang diilhamkan Allah (pasa graph theo pneustos). Dalam 2 Petrus 3:16 'semua” surat Paulus terliput juga dalam 'tulisan-tulisan lainnya” (tas loipas graphas), maksudnya tulisan-tulisan Perjanjian Lama dan Kitab-kitab Injil. 


  • AMIN : 

Kata Ibrani yang berarti: pasti! sungguh! benar! 
Akar katanya berarti "untuk menjadi teguh, tetap, dapat dipercaya”: Diterjemahkan juga dengan "setia" ( Yesaya 65:16 dua kali, secara harfiah "Allah yang setia” ) dan "begitulah hendaknya ( Yeremia 11:5 ). Kata Yunaninya adalah transliterasi dari kata Ibrani dan diterjemahkan dengan arti 'sungguh' , dalam rumusan yang berulang - ulang, sungguh - sungguh Aku berkata kepadamu.

Digunakan sebagai rumusan yang mengandung jawaban, dengan mana si pendengar mengakui sahnya suatu sumpah atau kutuk dan menyatakan dirinya bersedia menerima akibat - akibatnya (Bilangan 5:22: Ulangan 27:15 ; Nehemia 5:13, Yeremia 11:5). 

Untuk menyambut suatu pengumuman atau suatu nubuat tentang hal yang baik (1 Raja - Raja 1:36: Yeremia 28:6 ).

Sebagai ungkapan persetujuan melalui satu nyanyian puji - pujian atau berkat, dan sering diulangi untuk memberi tekanan ( 1 Tawarikh 16:36: Mazmur 41:13 ). Dalam penggunaannya menurut cara terakhir, hal ini menjadi bagian yang lazim dalam kebaktian di sinagoge, dan dari sana dimasukkan dalam kehidupan gereja purba ( lihat surat 1 Korintus14:16 ).


Dalam Perjanjian Baru kata 'amin' sering dipakai untuk menutup (menguatkan) pujian kepada Allah. Dalam Wahyu 1:7, 22:20 bahwa kata itu mengungkapkan teguhnya harapan penulis dalam kehidupan.



  • ANAK ALLAH : 

Israel disebut anak Allah atau anak sulung Allah (Kejadian 4:22-23, Hosea 11:1). Demikian juga raja Israel, keturunan Daud ( 2 Samuel 7:14, Mazmur 2:7 ). Tetapi kemudian terutama gelar untuk Yesus Kristus yang menyatakan bahwa Ia berasal dari Allah dan, melakukan kehendak Bapa-Nya, sehingga Ia adalah orang kesayangan Allah. 


  • ANAK DAUD :

 Gelar untuk Mesias (Almasih) yang dinantikan dari keturunan raja Daud, ayat perbandingan di surat 2 Samuel 7


  •  ANAK MANUSIA 

Ungkapan ini dalam Perjanjian Lama berarti: manusia. Tetapi sejak ada nubuat di Daniel 7:13 ungkapan ini menunjuk pada tokoh penyelamat yang akan datang. Yesus sering menyebut diri-Nya Anak Manusia, baik untuk menyatakan kerendahanNya ( Matius 8:20 ) dan penderitaan-Nya ( Markus 8:31 ), maupun kebangkitan-Nya ( Matius 17:9 ) . dan kedatangan-Nya sebagai Hakim ( Matius 25:31 ). Dialah yang datang untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang ( Matius 20:18 ). 

  • ANAK SULUNG

Dalam masyarakat Israel yang mengenal poligami, anak sulung dari pihak bapak harus dibedakan dari anak sulung dari pihak ibu. Anak sulung dari pihak bapak dipandang sebagai awal keperkasaan (Kejadian 49:3, Ulangan 21:17, baca juga Ulangan 33:17), yang merupakan puncak dayanya secara umum. Dalam  bahasa Terjemahan Baru suatu penyakit yang parah dapat disebut 'anak sulung maut' atau penyakit parah (Ayub 18:13). 

Anak sulung mempunyai derajat tertinggi sesudah bapaknya, dan jika si bapak alpa atau tidak ada, anak sulung mempunyai otoritas atas adik-adiknya (umpamanya Ruben dalam keluarga Yakub) dan kakak Ribka (Kejadian 24:55, 60). Hak anak sulung sangat dihargai (Kejadian 25:29-34), tapi dalam hal ia berkelakuan buruk maka hak kesulungan itu dapat dilimpahkan kepada anak yang lain (Kejadian 49:3-4, 1 Tawarikh 5:1-2). Anak sulung mendapat warisan dua kali lipat dibandingkan bagian masing-masing anak lainnya (baca juga 2 Raja-raja 2:9) dan Ulangan 21:15-17 melarang memindahkan hak ini begitu saja dari anak sulung yang sebenarnya kepada anak dari istri yang paling dicintai. Hukum ini tidak berlaku kepada anak-anak lelaki dari selir-selir dan hamba perempuan (Kejadian 21:9-13, Hakim-hakim 11:1-2).

Pada keluarga raja-raja hak anak sulung meliputi hak pengganti bapaknya dalam bidang pemerintahan (2 Tawarikh 21:1-3), tapi sifat mengunggulkan sering memainkan peranan yang berbahaya, baik di tengah-tengah para raja maupun rakyat (1 Raja-raja 1-2, 1 Tawarikh 26:10, 2 Taw 11:22-23). Di Haran, anak perempuan sulung dikawinkan lebih dulu dari adikadiknya (Kejadian 29:26), dan demikian juga halnya di Israel (1 Samuel 18:17-27). Dalam sastra Ugarit disebut pergeseran hak anak perempuan sulung kepada anak perempuan bungsu. Alkitab menunjukkan kegemaran tertentu terhadap anak bungsu sebagai yang paling sedikit mendapat hak istimewa (Yakub, Efraim, Daud). Kedudukan tinggi anak sulung membuahkan pemakaian secara kiasan dari istilah dalam Keluaran 4:22, Mazmur 89:28. 

Berdasarkan luputnya anak sulung Israel dari maut pada malam Paskah, anak lelaki sulung dari ibu dipandang kudus bagi TUHAN (Keluaran 13:2,12, Bilangan 3:13). Anak sulung dari angkatan zaman Keluaran ditebus melalui mengkhususkan orang Lewi (Bilangan 3:40-41), sesudah itu tiap anak lelaki sulung, sesudah berumur satu bulan, ditebus dengan membayar 5 syikal kepada imam (Bilangan 18:16, baca juga 3:42-51). Dari data-data yang sudah dikumpulkan kita tahu bahwa anak-anak kecil orang Kanaan sering dikorbankan, kadang-kadang orang Israel mengikuti teladan mereka (Yehezkiel 20:25-26, Mika 6:7), tapi hal ini adalah tafsiran yang salah atas Keluaran 22:29. Anak sulung jantan dari binatang tahir harus dikorbankan (Bilangan 18:17-18, Ulangan 12:6,17), jika cacat binatang-binatang itu harus disembelih dan dimakan (UIangan 15:19-23). Anak sulung jantan dari binatang najis harus ditebus (Bilangan 18:15), dalam hal anak keledai harus ditebus dengan anak domba atau lehernya harus dipatahkan (Keluaran 13:13, Keluaran 34:20). 


  • ANTIKRISTUS 

Kuasa yang melawan Allah dan Kristus, yaitu kuasa yang semakin besar menjelang kedatangan Tuhan kembali seperti dahulu kala saat Tuhan Yesus naik terangkat ke Sorga( bandingkan dengan surat 1 Yohanes 2:18 ).

Istilah antikristus terdapat hanya dalam surat - surat Yohanes (1 Yohanes 2:18, 22, 4:3, 2 Yohanes 1) Kata anti menandai adanya perlawanan, bukan hanya sekedar lawan, antikristus sangat menentang Kristus, bukan menuntut dirinya adalah Kristus.




  • RABA - YORDAN

Lembah sungai Yordan sebelah selatan, sehingga Laut Mati juga disebut Laut Araba. 
Kata Araba dipakai dalam bentuk kata sandang (ha-'araba). Nama ini berarti lembah atau cela yang memanjang mulai dari Danau Tiberias atau Danau Kineret hingga ke Teluk Araba, dalam Terjemahan Bahasa Indonesia disebut Araba Yordan, UIangan 1:15 2:8: 3:17, Yosua 11:2: 123. Laut Araba (UIangan 4:49, Yosua 3:16: 12:3. Kini, lembah dari hilir Yordan sampai dengan Laut Mati disebut Ghor, "lembah ', dan kata Araba hanya dipakai untuk lembah di selatan jurang-Jurang Kalajengking sampai dengan Akaba. Yosua 15:6, 61: 18:22 menyebut Bet-Araba, suatu perkampungan yang letaknya dekat Ain el-Gharba.





  • ASIA 

Propinsi Kerajaan Romawi yang terletak di bagian barat dari negara Turki sekarang. Ibukotanya Efesus. Paulus membawa Injil ke sana ( perbandingan di Kisah Para Rasul 19:10 ). 
Wilayah itu mencakup beberapa negara bagian Yunani, namun pada abad 3 sebelum Masehi jatuh di bawah kekuasaan raja Pergamos. Pada tahun 133 sebelum Masehi kerajaan itu diwariskan kepada orang Roma, dan daerah itu kemudian diatur sebagai satu propinsi termasuk pantai barat Asia Kecil bersama pulau - pulau di sekitarnya, juga daerah pedalaman yang terbentang sejauh dataran tinggi Anatolia. Ada beberapa negara bagian Yunani yang kaya - raya, yang mula - mula menderita karena eksploitasi Romawi, tapi pulih kembali pada zaman Perjanjian Baru untuk menjadi pusat peradaban Yunani yang paling cemerlang di dunia. 

Hukum Romawi dilaksanakan melalui sembilan atau lebih sidang pengadilan (agoraioi, Kisah Para Rasul 19:38), yang dipimpin oleh seorang pro konsul dari Senat Roma atau utusannya anthupatoi). Republik - republik Yunani membentuk suatu onfederasi yang terikat, khususnya melalui pemujaan Roma dan Kaisar Agustus, yang pada awalnya berpusat di Pergamus. Tidak pasti apakah Asia adalah para bekas imam agung pemujaan itu atau anggota majelis federal. Pasti mereka mewakili politisi golongan atas yang pro-Roma.

Mula - mula agama Kristen hanya terdapat di pusat ad1inistratif propinsi. Ketiga pusat besar, yaitu Pergamus, Smirna dan Efesus yang memiliki jemaat. Di luar itu hanya jemaat di dua tempat, yaitu dekat kota sidang pengadilan, Sardis, di lembah Hermon (Tiatira dan Filadelfia adalah pra-kota penting dim daerah yang sama) dan Laodikia (di Likus) pada hulu lembah Meander (dengan kota - kota kecil Kolose dan Hierapolis yang dekat ). 


  • ASING 

1. Orang yang berasal dari luar negeri yang hanya untuk sementara waktu berada di tanah Palestina (misalnya 2 Samuel 15:19). 


2. Orang asing yang menetap di tengah-tengah orang-orang Israel, sebagai pendatang atau sebagai penduduk Kanaan asli yang tidak dimusnahkan: "orang asingmu yang ada di dalam kotamu" (Keluaran 20:10). Mereka dapat diterima ke dalam persekutuan sosial dan keagamaan dari bangsa Israel, "Allah mengasihi orang asing” (UIangan 10:18). 


  • ASYERA : 

Dewi penduduk asli tanah Kanaan yang menjamin kesuburan. Dipuja sebagai isteri Baal. Lambangnya ialah pohon yang rimbun atau suatu "tiang berhala” yang oleh para nabi Tuhan ditentang keras (UIangan 16:21, 2Raja - Raja 23:4, 6). 

Ibu dewi Kanaan, disebut dalam naskah-naskah Ras Syama dihubungkan dengan Baal (mis Hak 3:7). Perjanjian Lama mengisyaratkan pada Asyera sebagai dewi (misalnya pada 1 Raja - Raja 18:19: 2 Raja - Raja 23:4, 2 Tawarikh 15:16), tapi nama itu juga dipakai untuk patung dewi itu (misalnya pada 1 Raja - Raja 15:13). Orang Israel diperintahkan untuk menghancurkan atau membakar asherim orang Kanaan, dan dilarang untuk menanam sesuatu pohon sebagai asyera (Keluaran 34:13: Ulangan 12:3, 16:21, dimana ayat - ayat dalam Terjemahan Bahasa Indonesia menerjemahkannya berupa tiang berhala. Asyera dibuat dari kayu membentuk suatu patung. Satu kayu yang dikarbonisasi, panjangnya kira - kira 1,3 meter ditemukan dalam kuil Zaman Perunggu Purba di Ai.


  • ASYTORET : 

Dewi kesuburan orang Sidon yang dimasukkan ke Israel oleh isteri-isteri Salomo (1 Raja - Raja 11:5). Ia disembah di atas bukit - bukit pengorbanan.
Nama itu dalam beberapa bentuk sudah biasa di kalangan orang yang berbahasa Semit. Di Mesopotamia Asytoret disamakan dengan dewi orang Sumeria Inanna. Nama ini muncul dalam naskah-naskah Ugarit dalam prasasti Fenisia, ditulis dalam tulisan Yunani sebagai Axrarte. Asytoret dalam bahasa Ibrani adalah kata hasyer yang berarti 'kejijikan”, untuk menunjukkan sikap yang patut di kalangan Israel terhadap dewi itu, yang cara memujanya seperti yang dilakukan oleh orang Kanaan.


Orang Israel mulai beribadah pada para Asytoret segera setelah tiba di negeri Kanaan (Hakim - Hakim 2:13 dan pasal 10:6): hal itu telah ada pada zaman Samuel (1 Samuel 7:3, 4: 12:10) dan ikuti oleh Salomo (1 Raja - Raja 11:5,  2 Raja - Raja 23:13). Setelah Saul dibunuh oleh orang Filistin senjata-senjatanya ditempatkan di kuil Asytoret di Bet-Sean (1 Samuel 31:10). Banyak piagam tanah liat dengan Iukisan wanita telanjang telah ditemukan di beberapa tempat di wilayah Palestina, dengan kalender atau kurun waktu mengarah pada zaman Perunggu dan Besi, beberapa dari piagam ini adalah gambaran dari dewi Asytoret.  


2. “asyterot tso' dalam Terjemahan Bahasa Indonesia diartikan  sama dengan anak kambing domba, merupakan suatu ungkapan yang muncul empat kali dalam Alkitab, yakni dalam UIangan 7:13, Ulangan 28:4, Ulangan 28:18, Yeremia 51:40.


3. Satu kota, pusat pemujaan dewi Asytorett, di Tell Ashtarah modern, kira - kira 32 km ke arah timur laut Galilea. Kota itulah yang disebut pada zaman Abraham (Kejadian 14:5) kemudian menjadi ibukota kerajaan raja Basan (UIangan 1:4). Terletak di wilayah yang diberikan ke' Manasye oleh Musa (Yosua 13:31), tapi walaupun Yosua menaklukkan Og, raja orang Basan dan menduduki Asytoret (Yosua 9:10: 12:4), , itu jelas tidak dikuasainya, karena masih termasuk wilayah yang belum dikuasai orang Israel pada usia tua Yosua  (Yosua 13:12). Kota itu kemudian menjadi kota Lewi (1 Tawarikh 6:71 , Yosua 21:27. Asytarot merupakan kampung halaman Uzia, salah seorang pahlawan Daud (1 Tawarikh 11:44). 

Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad A"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel