Kamus Alkitab Indonesia Abjad E





  • EFA : Ukuran isi sebesar kurang lebih 36 liter (bandingkan dengan bat). 

  • EFOD : Baju imam yang di dalam tutup dadanya ditaruh Urim dan Tumim (batu-batu pernyataan keputusan), Keluaran 28:28-30. Baju ini dipergunakan dalam usaha mencari tahu kehendak TUHAN (1 Samuel 14:3, 18: 30:7). 

Pakaian kudus para imam. Imam - imam Nob terkenal memakai 'baju efod dari lenan' (1 Samuel 22:18). Samuel (1 Samuel 2:18) dan Daud (2 Samuel 6:14)memakai baju efod lenan sederhana. Baju efod sederhana ini harus dibedakan dari baju efod imam besar yang terbuat dari bahan mahal (yaitu sutra — syesy), yang padanya ditenunkan benang emas, benang ungu tua, benang kirmizi, dan bahan lainnya yang berkualitas, panjangnya dari dada sampai ke pinggul. Efod memiliki wadah khusus dimana tempatnya terpaut pada dua utas kain yang melintas di bahu dan yang diikat meliliti pinggang (Keluaran 39:1-26). Juga disinggung efod yang dipakai untuk meminta wahyu. Ini digantungkan di Bait Suci (1 Samuel 21:9). 

Selama acara kebaktian imam memakai pakaian yang menutupi pinggang dan pahanya (Keluaran 28:42-43, Imamat 16:4) dan kemeja lenan bersulam panjang yang mempunyai tangan (Keluaran 28:40, 39:27), juga ikat pinggang lenan dipintal sangat elok, kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi (Keluaran 28:40, Keluaran 39:29). Imam memakai juga semacam serban (Keluaran 28:4, 37, 39, Keluaran 29:6, 39:28) seperti di Mesir dan Babel, para imam dilarang memakai pakaian dari bahan bulu domba (Yehezkiel 44:17), mereka tidak boleh juga memakai sandal di dalam Bait Suci (Keluaran 3:5, Keluaran 29:20). 



  • EFRATA : 
1. Nama kuno bagi Betlehem, Yehuda. Rachel, istri Yakub dikuburkan di Efrata dekat Betel ( Kejadian 35:16, 19, Kejadian 48:7). Kota ini menjadi kota tempat tinggal Naomi dan keluarganya(Ruth 1:2, Ruth 4:11).
Daud adalah keturunan Obed yang juga berasal dari sana (1 Samuel 17:2)
Efrata terkenal dengan tempat asal Mesias yang dinubuatkan di dalam surat Mika 5:2



  • EGLON: Suatu kota dekat Lakhis yang akhirnya diduduki oleh Yehuda (Yosua 15:39). Pada pemerintahan Debir, raja Kanaan, kota itu dalam persekutuan Ta kelampok selatan, berperang melawan Yosua (Yosua 10:33). Berdasarkan Yosua 12:12, bahwa Eglon meluas ke sebelah utara Lakhis, kota Tell en-Nejileh yang lebih dekat ke bukit-bukit.

2. Raja Moab, yang me7nduduki daerah barat Yordan pada awal zaman Hakim-hakim, dan yang dibunuh oleh Ehud (Hakim - Hakim 3:12).

  • EHUD
Nama seorang suku Benyamin (1 Tawarikh 7:10, Tawarikh 8:6, Hakim - Hakim 3:15). Ehud, anak Gera, memimpin pemberontakan melawan orang Moab karena menduduki daerah Benyamin Timur (Hakim - Hakim 3). Waktu raja Eglon di kamarnya dan berbicara sendiri dengan Ehud, Ehud membunuh raja itu. Ia mengumpulkan orang Israel untuk mengambil untung dari kekacauan yang menimpa orang Moab. Kecerdikannya membuat ia berhasil mengibuli Eglon. Ungkapan Ibrani "terikat pada tangan kanannya' adalah ungkapan umum, bandingkan Hakim - Hakim 20:16. 



  • ELIA : Nabi Israel (bandingkan dengan 1 Raja - Raja.) yang menentang penyembahan berhala (bd. Baal). Dalam kepercayaan orang-orang Yahudi ia dinantikan kembali selaku perintis jalan untuk Mesias (Maleakhi 4:5-6, Matius 17:9-13), sehingga Yohanes Pembaptis disamakan dengan Elia (Matius 17:13).

Elia merupakan nabi Israel pada abad 9 sebelum Masehi. Namanya (Dalam bahasa Ibrani ' eliyyahu atau 'eliyya, dalam bahasa Yunani Eleiou atau Eleias (Perjanjian Baru) berarti TUHAN adalah Allah. 

Di luar acuan dalam 1 Raja - Raja 17:1 yang mengatakan bahwa Elia seorang Tisbe dari Tisbe-Gilead, latar belakang nabi ini tidak diketahui. Walaupun Elia tinggal di Gilead, namun ia lahir di tempat lain di desa Tisbe yang  ada di wilayah suku Naftali. Secara tradisi desa ini disamakan dengan suatu tempat kira - kira 13 km di sebelah utara sungai Yabok. 

Cerita-cerita mengenai pelayanan Elia disajikan dalam 1 Raja - Raja  17-19: 21, 2 Raja - Raja1-2, ditulis dalam bahasa Ibrani kuno yang tulen, suatu jenis bahasa Ibrani yang hampir tak mungkin lebih kemudian dari abad ke-8 sebelum Masehi (W.F Albright, penulis buku From the Stone Age to Christianity, hlm 307), dan yang pasti tidak berada lama dalam bentuk lisan saja. Pelayanan kenabiannya mengambil tempat di kerajaan Utara selama pemerintahan dinasti Omri. Elia sebaya dengan raja Ahab dan Ahazia, dan dari kedudukan cerita kenaikannya ke sorga (2 Raja -Raja 2) dan jawab kepada pertanyaan Yosafat dalam 2 Raja -Raja 3:11, dapat disimpulkan bahwa kenaikannya mungkin terjadi kira - kira pada waktu Yoram naik takhta Israel. Ada kesukaran yang dihadapkan kepada kesimpulan ini oleh 2 Tawarikh 21:12-15. Ini mungkin dapat diselesaikan, atau dengan cara menafsirkan 2 Raja -Raja 8:16 sebagai berarti bahwa Yosafat dan Yoram, kedua raja Yehuda, samasama memerintah, atau dengan cara menganggap surat yang disebut dalam ayat tersebut sebagai nubuat yang ditulis sebelum kenaikannya. Ada enam peristiwa penting yang ditulis di dalam Alkitab tentang pemberitaan masa kekeringan dan pelariannya yang kemudian, adu kuasa di gunung Karmel, pelariannya ke Horeb, peristiwa Nabot, nubuat mengenai Ahazia, dan kenaikannya ke sorga. 

Kecuali yang terakhir, semua peristiwa ini pada dasarnya berkaitan dengan pelanggaran ibadah cara TUHAN Allah dengan ibadah cara Baal Melkar, dewa pelindung Tirus yang resmi. Ahab mengembangkan agama alam Kanaan yang bercorak Fenisia ini sesudah ia kawin dengan Izebel, anak perempuan raja Tirus (1 Raja - Raja 16:30-33)




Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad E"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel