Kamus Alkitab Indonesia Abjad H





  • HALAL: lihat HARAM

  • HALELUYA/ALELUYA : (Bahasa Ibrani): "Pujilah TUHAN ”. Sering dipakai dalam kitab Mazmur, juga dalam Wahyu 19:1, 3, 4, 6. 

  • HARAM : Makanan haram dan beberapa perbuatan terlarang yang menajiskan orang Israel, sehingga mereka tidak boleh lagi mengikuti ibadah, kalau tidak diadakan upacara korban untuk mentahirkan orang dahulu, 

  • HARI : Dalam kitab para nabi seringkali disebut tentang ”hari TUHAN ”, ”hari terakhir”, ”hari penghakiman” atau hanya "pada hari itu”. Ungkapan-ungkapan itu menunjuk pada masa depan bilamana TUHAN Allah akan bertindak dan akan mendatangkan keadaan yang sama sekali baru. Dalam Perjanjian Baru "hari TUHAN ” itu disamakan dengan ”hari Yesus Kristus” yaitu waktu kedatangan-Nya sebagai Hakim dan Juruselamat pada akhir zaman.

  • HARI PERSIAPAN : Hari sebelum hari Sabat, jadi hari Jumat, di mana persiapan untuk Sabat (Matius 27:62) atau Paskah (Yohanes 19:14) sudah dimulai. 

  • HARI RAYA PASKAH : Perayaan pembebasan bangsa Israel dari Mesir. Anak-anak sulung orang Mesir dibunuh, tetapi pintu-pintu rumah orang Ibrani ”dilewati” (Ibrani Pesah berarti: melewati). Peristiwa itu diperingati dengan mengadakan perjamuan Paskah di mana para peserta "makan Paskah” yaitu makan "korban Paskah” atau anak domba Paskah itu (Keluaran 12:23-28, 43-51). Dalam Perjanjian Baru Yesus Kristus disebut "anak domba Paskah” (1 Korintus 5:7) atau ”Anak Domba yang disembelih” (Wahyu 5:6). Untuk Jemaat Purba hari Paskah mendapat isi baru, yaitu perayaan kebangkitan TUHAN.

Hari Raya Paskah merupakan salah satu dari 3 perayaan besar tahunan yang selalu dirayakan umat Israel yang dirayakan setiap tanggal 14 bulan pertama. Nama lain Hari Raya Paskah adalah Hari Raya Roti Tidak Beragi, Hari Raya Paskah ini berlangsung selama tujuh hari, sama seperti Hari Raya Pondok Daun. Pada perayaan Hari Raya Paskah selama seminggu tidak diperkenankan melakukan aktifitas atau pekerjaan - pekerjaan yang berat, dan selama seminggu pula harus makan roti yang tidak beragi.

Hari pertama sampai pada puncak perayaan diadakan perkumpulan kudus dan diwajibkan membawa korban persembahan ( Bilangan 28:16-25 , Ulangan 16:1-8 )


  • HARI RAYA PENDAMAIAN : Satu hari setahun dimana segala dosa rakyat dan imam diperdamaikan TUHAN yang dilambangkan dengan seekor kambing jantan yang setelah ditumpangi tangan dilepaskan ke padang belantara (Imamat 16 dan Imamat 23:27).

  • HARI RAYA PENTAHBISAN : Perayaan umat Yahudi yang memperingati pembangunan kembali mezbah Bait Allah di Yerusalem dan pentahbisannya pada tahun 165 sebelum Masehi. Mezbah itu dinajiskan dan dirusakkan dalam  perang Makabe.

  • HARI RAYA PENTAKOSTA : Perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen gandum. Pesta itu dirayakan tujuh minggu (bahasa Yunani Pentakosta berarti: kelima puluh) setelah hari Paskah. Sebab itu juga dikenal dengan nama "hari raya Tujuh Minggu” (Ulangan 16:10). Dalam Perjanjian Baru dihubungkan dengan turunnya Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2)

Persamaan kata  Hari Raya Pentakosta  adalah Hari Raya Tujuh Minggu, Hari Raya Menuai, dan Hari Raya Bungaran ( Keluaran 23:16 , Keluaran 34:22, dan Bilangan 28:26 ).

Kemudian semua persamaan kata tersebut dikenal dengan Hari ke - 50 yang dihitung dari hari Sabat permulaan Hari Raya Paskah. Hari Raya Pentakosta juga ditandai dengan adanya perkumpulan kudus dan membawa korban persembahan, sama seperti Hari Raya Roti Tidak Beragi dan Hari Raya Pondok Daun.


  • HARI RAYA PONDOK DAUN : Perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen. Pada perayaan itu orang tinggal dalam pondok daun sebagai peringatan akan zaman pengembaraan dalam padang belantara (Imamat 23:33-44). Pada zaman Perjanjian Baru hari raya itu masih dikenal (Yohanes 7:2). 


Hari Raya Pondok Daun merupakan salah satu dari tiga pesta besar yang ada dalam bangsa Yahudi atau Israel yang dirayakan setiap pertengahan bulan ke tujuh selama tujuh hari. Hari Raya Pondok Daun mengharuskan setiap laki - laki hadir mengikuti acara pesta Hari Raya Pondok Daun untuk mempersembahkan hidupnya di hadapan TUHAN ( Keluaran 23: 14-17, Keluaran 34: 23, Ulangan 26:16 ). Pesta Hari Raya Pondok Daun biasanya dirayakan dengan sangat meriah oleh bangsa Yahudi ( Ulangan 16:14 )

Nama Hari Raya Pondok Daun muncul berawal dari kebiasaan - kebiasaan para penduduk orang Yahudi duduk - duduk di dalam pondok yang dibuat dari Daun dan cabang dari berbagai pepohonan yang ada di sana selama seminggu.

Selama Hari Raya Pondok Daun berlangsung bangsa Israel harus membawa berbagai korban sebagai korban persembahan dengan aturan sebagai berikut : Pada hari pertama Hari Raya Pondok Daun


  • HARI RAYA ROTI YANG TIDAK BERAGI : Perayaan selama tujuh hari sehabis Paskah, dimana roti dibakar tanpa memakai ragi sebagai peringatan akan malam pembebasan orang Ibrani dari perbudakannya di Mesir (Keluaran 12:14-20, bandingkan dengan Matius 26:17). 

  • HARI TUHAN : Lihat HARI

  • HASTA : Ukuran panjang sebesar 45 cm

  • HERODES


1. Herodes Agung, raja atas seluruh tanah Palestina ( tahun 37 - 4 Sebelum Masehi). Dialah yang membunuh bayi-bayi laki - laki di Betlehem (Matius 2, Lukas 1:5). 


2. Arkhelaus, anak Herodes Agung, memerintah atas Yudea dan Samaria (tahun 4 Sebelum Masehi - 6 Sesudah Masehi). Ia dipecat dan daerahnya dimasukkan langsung ke dalam Kerajaan Romawi (Matius 2:22). 


3. Herodes Antipas, anak Herodes Agung, raja wilayah atas Galilea (tahun 4 Sebelum Masehi - 39 Sesudah Masehi), yang kemudian dipecat. Ia kawin dengan Herodias, bekas isteri saudaranya (Lukas 3:19). Dialah yang membunuh Yohanes Pembaptis (Matius 14:1-12). 


4. Herodes Agripa I, cucu Herodes Agung, raja atas seluruh Palestina (tahun 41 - 44 sesudah Masehi). Dialah yang membunuh rasul Yakobus dan yang.memenjarakan Petrus (Kisah Para Rasul 12). Anaknya ialah Agripa II (bandingkan dengan Agripa).


  • HERODIAN : Orang - orang Herodian ialah anggota - anggota suatu partai Yahudi yarig menghendaki keturunan Herodes Agung memerintah atas mereka dan bukan gubernur Romawi (Matius 22:16). 


  • HERODIAS : Lihat HERODES


Hidup : TUHAN Allah adalah Allah yang hidup dan pada-Nya ada sumber kehidupan (Mazmur 36:10). Kehidupan terjadi oleh firmanNya (Kejadian 1, Mazmur 33:9). Dalam Firman itu ada hidup dan hidup itulah terang manusia (Yohanes 1:5). Dan ”hidup yang kekal” ( hidup sepenuh - penuhnya ) diberi kepada setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus (Yohanes 3:16, 36)


  • HIGAYON : Petunjuk bagi yang memainkan alat musik (Mazmur 9:17). 

  • HIN : Ukuran isi sebesar 1/6 bat lebih 6 liter. 

  • HISOP : Tumbuh - tumbuhan yang kecil yang batang dan daunnya dapat dipergunakan untuk memercikkan barang cair (Keluaran 12:22, Bilangan 19:18: Mazmur 51:9: Yohanes 19:29). 

  • HOMER : Ukuran isi sebesar 10 efa = kurang lebih 360 liter. Homer sama besar dengan kor. 

  • HUJAT : Dosa karena menyinggung atau menyangkal Nama TUHAN. Yesus dituduh menghujat Allah, karena Ia menyebut diri-Nya Kristus, yakni Mesias (Matius 26:63-65). 

Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad H"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel