Kamus Alkitab Indonesia Abjad M

https://www.kristenpunya.com




  • MAAKHA :

1. Maakha adalah nama bapak dari Sefaca, salah seorang kepala suku Israel.(1 Tawarikh 27:16)

2. Bapak dari Hanan, salah seorang prajurit Daud(1 Tawarikh 11:43) 

3. Bapak dari Akhis, raja Gat, yang hidup pada zaman raja Salomo(1 Raja-raja 2:39). 

4. Kata itu dipakai juga sebagai nama perempuan, antara lain: gundik Kaleb, yang melahirkan Seber dan Tirhana (1 Tawarikh 2:48), 

5. Istri Makhir, yang melahirkan Peresy (1 Tawarikh 7:16).

6. Istri Gibeon, atau Yeiel, salah seorang moyang raja Saul (1 Tawarikh 8:29, 1 Tawarikh 9:35)

7. Anak perempuan dari Talmai, raja Gesur, yang kawin dengan raja Daud dan yang melahirkan Absalom dan Tamar (2 Samuel 3:3)

8. Anak perempuan Absalom, yang menjadi istri kesayangan Rehabeam, dan yang melahirkan Abia (2 Tawarikh 11:20-22)

9.  Nenek Asa, ibu suri kerajaan Yehuda, sampai dia dipecat karena menyembah berhala (2 Tawarikh 15:16). 

10. Nahor, adik Abraham, dengan gundiknya Reuma, melahirkan seorang anak yang disebut Maakha(Kejadian 22:24). 

11. Satu kerajaan kecil disebut juga dengan nama Maakha, terletak di sebelah tenggara gunung Hermon, di daerah pinggir dari suku Manasye yang setengah itu (UIangan 3:14, Yosua 13: 8-13),  luasnya menyeberangi Yordan sampai Abel-Bet-Maakha. Pada zaman Daud, rajanya (Maakha) yang berbangsa Aram menyediakan seribu tentara, termasuk tentara orang Amon dan Aram untuk mencoba menghancurkan bangsa Israel. Tapi karena kekalahannya di Helam, besar kemungkinan raja Maakha harus membayar upeti kepada raja Daud (2 Samuel 10). Kemudian kerajaan Maakha dimasukkan ke dalam kerajaan Damsyik, yang sudah bangkit kembali pada pemerintahan raja Salomo (1 Raja-raja 11:23-25) 


  • MADMENA : Satu kota Moab yang ditentang nabi Yeremia dalam nubuatnya (Yeremia 48:2). Karena kota ini tidak kita kenal, maka diajukan dua saran, yaitu naskah Ibrani dibaca gmdmm tdmm, artinya "kau juga (hai Moab) sama sekali akan dibungkamkan, atau kata itu dibaca Dimon. Kota ini tidak mungkin sama dengan kota Madmana, terletak di Negeb (Yosua 15:31: 1 Tawarikh 2:49), atau dengan Madmena, di utara Yerusalem (Yesaya 10:31). Dimneh modern adalah tempatnya.
 Kota yang hanya satu kali saja disebut dalam Alkitab. Yesaya menyinggungnya waktu menggambarkan jalan yang ditempuh oleh tentara yang menyerang dan mendekati Yerusalem dari sebelah utara (Yesaya 10.31). Letaknya tidak kita ketahui, walaupun dari teks naskahnya alam sekitar Yerusalem kelihatannya berada 2 km di utara dari Skopus, adalah tempatnya. 


  • MAHANAIM : (dua perkemahan) :  Suatu tempat di Gilead, di situ Yakub melihat malaikat-malaikat Allah, sebelum ia sampai ke Pniel dan berjumpa dengan Esau (Kejadian 32:2). Mahanaim ditentukan menjadi kota orang Lewi (Merari) di daerah suku Gad (Yosua 21:38, 1 Tawarikh 6:80) dan letaknya di perbatasan Gad dengan Manasye di Gilead (Yosua 13:26, 30). Mahanaim pernah  menjadi ibukota Isyboset, anak Saul (2 Samuel 2:8, 12, 29), dan kemudian tempat perlindungan Daud terhadap Absalom anaknya(2 Samuel 17:24, 2 Samuel 27:19-32, 1 Raja-raja 2:8), kemudian menjadi kedudukan kepala daerah raja Salomo (1 Raja-raja 4:14). Biasanya tempat itu ditentukan di tengah-tengah Gilead utara di Khirbhet Mahneh, sebelah utara sungai Yabok. Tapi karena perbatasan Gad mengikuti aliran sungai Yabok, letak Mahanaim di sekitar tepi utara sungai Yabok. Mahanaim sedikit jauh dari sungai Yordan. Menurut 2 Samuel 2.29, 'hampir sepanjang siang” dibutuhkan Abner untuk lari menuju ke timur dari Yordan ke Mahanaim. Ayat ini dapat diterjemahkan ' Abner mendaki melalui lembah sungai yang 
sempit ', terjemahan inipun mendukung kesimpulan yang menyatakan letak Mahanaim di daerah yang sama yaitu di sekitar sungai Yabok dan sungai Yordan. 


  • MAHKAMAH AGAMA : Badan keagamaan umat Yahudi yang tertinggi. Terdiri dari 70 orang anggota ( para imam kepala, ahli - ahli Taurat dan tua - tua Yahudi ) di bawah p4impinan Imam Besar. Mahkamah inimempunyai kewibawaan penuh di bidang agama.

  • MAMON : Harta benda dan kekayaan dibayangkan sebagai oknum ( yang jahat ) Matius 6:24: Lukas 16:9. 
Kata Mamon muncul dalam Alkitab hanya di Matius 6:24 dan Lukas 16:9, 11, 13, dan ini merupakan transliterasi dari kata Aram mamona.  Pengertian sederhananya ialah kekayaan atau keuntungan. Tapi Kristus melihat di dalam kata ini keinginan yang tamak, yang menuntut seluruh hati manusia, dan dengan demikian mengasingkan orang itu dari Allah (Matius 6:19), jika seseorang 'memiliki' sesuatu, sebenarnya sesuatu itu memiliki dia juga. Pandangan, bahwa Mamon berasal dari bahasa Babel yaitu mimma, artinya  sama sekali, seluruhnya tidak jujur (Lukas 16:9) berarti keuntungan dengan jalan tidak jujur atau keuntungan yang dicari dengan motif-motif egois (bandingkan Lukas 12:15). Mungkin artinya, bahwa uang seperti itu, jika digunakan demi orang lain, bisa berubah menjadi kekayaan yang sejati dalam dunia yang akan datang (Lukas 16:12). 



  • MAMRE : 

1. Suatu tempat di sekitar Hebron, di sebelah barat dari Makhpela (Kejadian 23:17, 19, Kejadian 49:30, Kejadian 50:13). 

Dikaitkan kepada Abraham (Kejadian 13:18, Kejadian 14:13, Kejadian 18:1) dan Ishak (Kejadian 35:27). Selama beberapa waktu Abraham tinggal dekat pohon tarbantin di Mamre, di sana didirikannya sebuah mezbah, di sana diketahuinya bahwa Lot tertawan, di sana diterimanya janji TUHAN bahwa dia akan mendapat anak, dan membela penduduk kota Sodom, dan dari sana dilihatnya asap kota Sodom dan kota-kota di sekitarnya membubung ke atas. Letak tempat itu di wilayah Ramet el-Khalil, kota yang berjarak kurang lebih 3 km dari Hebron bagian utara.

2. Seorang kepala dari bangsa Amori di Mamre yang bersama - sama dengan kakaknya Eskol dan Aner turut berperang dengan Abraham melawan Kedorlaomer(Kejadian 14:13, 24)


  • MANNA : Makanan yang diberikan kepada orang Israel selama di padang belantara ( Keluaran 16:14-21 ). 
Makanan pokok umat Israel selama 40 tahun mengembara di padang gurun (Keluaran 16:35). Ketika Israel bersungut - sungut karena kekurangan makanan di padang gurun Sinai, Allah menurunkan 'hujan roti dari langit untuk mereka (Keluaran 16:45 Mazmur 78:23-24). Pemberian makanan ini tidak berhenti sampai mereka memasuki tanah Kanaan dan makan dari hasil negeri itu (Yosua 5:12), walaupun mereka sering bersungut-sungut (Bilangan 11:6) bandingkan dengan Nehemia 9:20. Tiap tahun Israel harus memungut satu gomer tiap hari selama 5 hari, dan dua kali lipat pada hari keenam untuk keperluan hari Sabat, karena pada hari itu manna tidak akan turun. Manna tidak boleh disimpan bermalam atau disimpan sampai hari esok, sebab akan berulat dan berbau busuk. Jadi manna yang dibutuhkan untuk hari Sabat harus dimasak atau dibakar, baru disimpan (Keluaran 16:4, 5, 16-30). Tiap pagi sesudah embun menguap, tersedialah di atas tanah 'sesuatu yang halus', seperti sisik, berwarna putih ketumbar dan rasanya seperti kue madu. Manna dapat digiling, lalu dimasak atau dibakar.


  • MELKISEDEK : Seorang raja dari Salem ( Yerusalem ). Namanya berarti " raja keadilan ”. Dialah imam Allah yang Maha tinggi, yang pernah memberkati Abraham ( Kejadian 14:18-20 ). Raja Israel disebut " imam 4,menurut peraturan Melkisedek ” ( Mazmur 110:4 ). Gelar itu diterapkan kepada Yesus Kristus sehingga Ia menjadi Imam yang lebih tinggi dari pada Lewi atau Harun ( Ibrani 7 ). 


  • MIKHAEL : Malaikat pelindung umat Allah ( Daniel 10:13, Yudas 9: Wahyu 12:7 ). Mikhael (mikha 'el), "siapakah seperti Allah?” — searti dengan Mikha. Nama ini dipakai oleh 11 tokoh Alkitab, tapi hanya satu yang khas menonjol, yaitu malaikat Mikhael, yang dalam kitab-kitab Pseudepigrafa dipandang sebagai pelindung dan pembela Israel (1 Henokh 20:5: 89:76). Dalam Kitab Daniel, Mikhael lebih menonjol sebagai penjaga umat Yahudi terhadap ancaman kekuasaan fasik dari Yunani dan Persia (12:1), yang dilukiskan dengan gaya 'salah seorang dari pemimpin terkemuka dan pemimpinmu itu” (Daniel 10:13, 21). Dengan peranan ini sangat cocok bahwa dialah penghulu malaikat (Yudas 9) yang digambarkan 'bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa', pemimpin besar umat Allah itu, yang kepadanya malaikat (barangkali Mikhael) berbicara di atas gunung Sinai (Kisah Para Rasul 7:38). Selanjutnya tampil lagi Mikhael dalam Wahyu 12:7, sebagai makhluk yang berperang di sorga melawan ular naga. 


  • MIKTAM : Semacam nyanyian ( Mazmur 16: Mazmur 56:1 , Mazmur 60:1 ). , 
Miktam merupakan kumpulan nyanyian keagamaan yang terbaik yang dimikili oleh suatu bangsa. 
Kata miktam yang ada di Alkitab memiliki pengertian sebagai mazmur emas
Ada sebanyak enam kali Alkitab menggunakan kata miktam yaitu Mazmur 16:1 , Mazmur 56:1 , Mazmur 57:1 , Mazmur 58:1 , Mazmur 59:1 dan Mazmur 60:1

  • MIL : Mil Romawi kurang lebih 1,5 kilo meter. 


  • MILKOM : Dewa utama sembahan bani Amon (artinya: Raja). 
Milkom.adalah aIlah nasional bangsa Amon ("MALKAM, MoLOKH). Kata milkom memperkenalkan kepada kita ketiga bentuk nama illah-illah ini (milkom, malkam, molekh). Salomo kawin dengan anak raja Amon, lalu 'mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon' (1 Raja - Raja 11:5). Yosia di kemudian hari merobohkan mezbah pengorbanan, yang didirikan Salomo untuk dewa ini (2 Raj 23:13-14). 

Dalam beberapa ayat Perjanjian Lama istilah molekh mungkin mengacu pada suatu korban, seperti dalam beberapa inskripsi Fenisia dari Afrika Utara. Jadi ayat tersebut dapat dimengerti sebagai orang membuat anak melewati api sebagai suatu korban molekh. Namun demikian, dalam ayat - ayat lain ada acuan pada suatu allah. 


  • MILO : Benteng di Yerusalem, dalam bagian kuno (kota Daud). 
Nama tempat, berasal dari kata kerja male', 'penuh', "memenuhi - mengisi penuh'. Dipakai dalam Hakim Hakim 9: 6, 20 untuk nama tempat dekat Sikhem, yaitu 'Bet-Milo”, barangkali suatu benteng: tapi pemakaiannya yang utama talah berkaitan dengan Yerusalem. Mungkin itu adalah bagian perbentengan dari kota orang Yebus, barangkali menara kokoh (“penuh”) atau baluarti 'yang mengisi' suatu bagian yang lemah pada tembok-tembok itu, sebab jelas benteng ini sudah ada pada zaman Daud (2 Samuel 5: 9  ,1 Tawarikh 11:8). Dibangun kembali oleh Salomo (1 Raj 9:15, 24, 11:27: 'tembusan' yang disebut di sini agaknya mengenai soal lain) sebagai bagian dari rencananya untuk memperkokoh kerajaannya, dan sekali lagi diperkuat kira - kira 2,5 abad kemudian, ketika raja Hizkia mempersiapkan dirinya menghadapi serangan Asyur (2 Tawarikh 32:5), Ayat ini diterima oleh beberapa ahli untuk menandakan, bahwa Milo adalah nama lain untuk seluruh kota Daud, tapi lebih mungkin nama itu dapat dihubungkan dengan teras-teras (tembok dan pelataran) yang ditemukan K Kenyon di lereng timur pada bukit Ofel di Yerusalem. Teras-teras itu menjadi tempat pembangunan pada lereng itu. 


  • MINA : Ukuran timbangan sebesar 50 syikal 2 kurang lebih 570 gram. Dalam zaman Perjanjian Baru mina adalah mata uang yang seharga 100 dinar ( upah pekerja harian dalam 100 hari ). 


MOAB, ORANG MOAB. Moab (mo 'av) ialah putra Lot dari perkawinan sumbang dengan putri kandungnya yang tertua (Kejadian 19:37). Baik keturunannya maupun negeri itu dikenal sebagai Moab, dan bangsanya juga disebut bangsa Moab (mo'avi). Pusat Moab ialah dataran tinggi sebelah timur Laut Mati, antara Wadi Arnoh dan Wadi Zered, tapi pada masa-masa tertentu Moab meluaskan daerahnya ke sebelah utara Arnon. Tinggi rata-rata dataran tinggi ini adalah sekitar 1.000 meter, tapi diselingi oleh jurang-jurang yang dalam. Sungai Arnon sendiri bercabang dua kira-kira 21 km dari Laut Mati dan lebih jauh ke timur bercabang-cabang lagi beberapa kali lagi, dalam lembah-lembah yang dalamnya semakin berkurang, yang disebut 'lembah-lembah ke sungai Arnon' (Bilangan 21:14). Alkitab mencantumkan nama-nama dari banyak kota Moab (Bilangan 21:15, 20, Bilangan 32:3, Bilangan Yosua 13:17-20, Yesaya 15-16, Yeremia 48:20 dan ayat berikutnya). 

Pada zaman pra-Keluaran, Moab telah dihuni dan terdiri dari beberapa desa sampai kira-kira tahun 1850 Sebelum Masehi. Keturunan Lot menjumpai penduduk di sana dan mereka tentu kawin campur dengan penduduk asli itu, sampai pada akhirnya mereka bangkit sebagai kelompok yang lebih berkuasa, dan menyebut seluruh penduduknya menurut nama mereka. Keempat raja dari sebelah timur menyerang Moab dan mengalahkan penduduk Syawe-Kiryataim (Kejadian 14:5). Namun penyebab terjadinya peperangan tidak diketahui, swlanjutnya ada peeralihan Trans Yordan memasuki masa yang tidak menentu hingga menjelang tahun 1300 Sebelum Masehi, pada saat yang sama beberapa kerajaan Zaman Besi serentak timbul. 

Moab, seperti kerajaan-kerajaan yang lainnya, diorganisir sangat rapi dengan pertanian dan peternakan yang baik, bangunan-bangunan yang indah, keramik yang khas, dan pertahanan yang kuat berupa benteng-benteng kecil yang dibangun strategis di sekeliling perbatasannya. Ketika jumlah orang Moab melebihi daya tampung dataran tinggi milik mereka, mereka menduduki daerah-daerah sebelah utara Arnon dan menghancurkan penduduk aslinya (UIangan 2:10-11, UIangan 19-21, baca juga Kejadian 14:5). Daerah-daerah ini dibagi-bagi bersama saudara dekatnya, orang Amon. 

Tepat menjelang Keluaran, tanah-tanah sebelah utara Amnon ini direbut oleh Sihon, raja orang Amori, dari tangan Moab, waktu Israel meminta izin agar diperbolehkan berjalan mengikuti jalan raya (Ulangan 2:27), namun  Moab menolak (Hakim-hakim 11 17). Pada saat itu mereka mempunyai hubungan dagang yang kuat (UIangan 2:28-29). Musa tidak diizinkan Allah menyerang Moab karena sikap bertujuan mereka(Ulangan 2:9) walaupun orang Moab dikucilkan oleh bangsa Israel(UIangan 23:3-6, Nehemia 13:1)



  • MOLOKH : Dewa sembahan bani Amon (bandingkan dengan Milkom) yang kepadanya dipersembahkan anak - anak sebagai korban, juga di Yerusalem ( 2 Raja - Raja 23:10: bandingkan dengan Kisah Para Rasul 7:43 ). 



  • MUJIZAT : Sering menyertai karya penyelamatan Allah kepada Israel. Khususnya: tanda - tanda ajaib dan mujizat - mujizat dan perbuatan - perbuatan kuasa ( seperti penyembuhan, pemberian makanan dan lain - lain ) yang dilakukan oleh Yesus dan para rasul-Nya sebagai tanda bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 


  • MUR : Damar yang harum baunya, yang dipakai untuk persembahan ( Matius 2:11 ), sebagai obat ( Markus 15:23 ) dan dalam mempersiapkan jenazah orang untuk penguburan ( Yohanes 19:39 ). 
Mur (murru, Ibrani : mor), getah dari torehan batang dan cabang suatu pohon damar yang rendah yang disebut Commiphora myrrha (dulu Balsamodendron myrrha) atau Commiphora kataf. Kedua tumbuhan itu asli Arab Selatan dan bagian Afrika Barat. Getah menetes dari pohon dan menjadi kental berwarna kuning coklat dan berminyak. Mur digunakan untuk membuat minyak urapan kudus (Keluaran 30:23-33), dinilai tinggi karena harum (Mazmur 45:9, Amsal 7:17, Kidung Agung 3:6: 4:14: 5:5, 13), dipakai untuk wangi-wangian perempuan (Est 2:12) dan kosmetik. “CANTIK, KOSMETIK. Mur dipersembahkan kepada bayi Yesus oleh orang majus (Matius 2:11), dicampurkan pada minuman yang disodorkan kepada-Nya untuk mengurangi sengsara dan kesadisan penyaliban (Markus 15:23), dan digunakan waktu penguburanNya (Yohanes 19:39). 


  • MURID : Dikatakan tentang pengikut seorang pemimpin atau pengajar, seperti Yohanes Pembaptis dan orang Farisi (Markus 2:18). Khususnya dimaksudkan para pengikut Tuhan Yesus: mula - mula dua belas orang, kemudian semua orang Kristen. Sekalian bangsa harus dijadikan murid Yesus ( Matius 28:19 ). 

  • MUSA : Orang yang memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan seterusnya sampai perbatasan tanah Kanaan. Dialah yang menyampaikan Hukum Taurat yang diterimanya langsung dari Tuhan Allah. 
Sejak Yosua (8:31, baca juga surat 1 Raja - raja 2:3: 2 Raja - raja 14:6, Ezra 6:18) sampai zaman Perjanjian Baru (Markus 12:26, Lukas 2:22: Yohanes 7:23), nama Musa selalu dihubungkan dengan Perjanjian Lama terutama Kitab - kitab Pentateukh: perhatikan 2 Korintus 3:15, di situ 'Musa' berarti seluruh Perjanjian Lama. Dan Musa beserta Elia, sebagai perwakilan Taurat dan nabi - nabi Perjanjian Lama, yang mendampingi Kristus di atas Bukit Pemuliaan (Matius 17:3-4). Karena terbatasnya tempat maka tak bisa dicantumkan di sini nilai pengaruh dari tokoh Musa terhadap penulis - penulis dan pemimpin - pemimpin dalam sejarah zaman terakhir ini, terutama dalam zaman serba digital seperti sekarang ini.

Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad M"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel