Kamus Alkitab Indonesia Abjad N

https://www.kristenpunya.com


  • NAAMA : ('Menyenangkan, sedap”). 

1. Putri Zila dan adik Tubal-Kain (Kejadian 4:22). 

2. Seorang perempuan Amon.
 ibu Rehabeam (1 Raja-raja 14:21). 

3. Suatu kota di dataran tanah rendah Yehuda (Yosua 15:41),  sama dengan Na'neh modern atau letak yang sekarang, 10 km selatan Lida. 


  • NAAMAN (na aman: 'menyenangkan, sedap'). Panglima tertinggi yang sangat berhasil di bawah Ben-Hadad, raja Damsyik dan musuh Israel (baca juga surat 1 Raja-raja 20). Riwayatnya diceritakan dalam 2 Raja-raja 5. Dia "seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi... sangat berani, tetapi... seorang sakit kusta”. Di Israel penderitaan ini akan menyebabkan dia dibuang dari masyarakat (baca juga Imamat 13: 14), tapi di Siria penyakit itu tidak menghalangi dia memegang jabatannya yang tinggi. 

Berdasarkan ucapan gadis belia Israel yang ditawan dan menjadi pelayan di rumahnya — ucapan itu disampaikan kepada raja — maka raja menyuruh Naaman ke Samaria untuk mencari penyembuhan kepada Elisa. Ia membawa persembahan-persembahan yang pantas sesuai maksud dan tujuannya. Kendati sambutan tidak menyenangkan dan bahkan merasa dihina, baik karena cara penerimaan apalagi nasihat yang diberikan oleh nabi itu, Naaman dibujuk menuruti perintah-perintah Elisa, berdasarkan pikiran sehat yang mengesankan dari pegawai-pegawainya ('seandainya nabi itu menyuruh bapak melakukan perkara yg sukar, bukankah bapak akan melakukannya?'). 

Setelah tahir dari penyakit kustanya, Naaman mengakui bahwa Allah Israel adalah satu-satunya Allah yang benar, dan ia meminta membawa tanah Kanaan sebanyak muatan sepasang bagal — mungkin tanda keyakinannya bahwa TUHAN dapat disembah hanya pada tanah-Nya sendiri (baca juga Keluaran 20:24). Sesuai pemikiran kafir pada masa itu, sinkretisme keagamaan diperbolehkan, jadi Naaman mengajukan pertanyaan yang menarik, apakah dia boleh secara pura-pura menyembah berhala, apabila pada masa mendatang dia mendampingi raja Siria di kuil Rimon untuk sujud menyembah di sana. Elisa tidak menanggapinya. Dengan kondisi tahir dari penyakit kusta dan dengan iman baru, Naaman rela menyodorkan kepada petualang Gehazi beberapa persembahan, yang telah ditolak oleh Elisa. 


  • NABI : Seorang hamba TUHAN yang dipanggil untuk menyampaikan Firman Allah kepada manusia. Khususnya para nabi Israel yang bertindak selaku pembicara atas nama Allah ( seperti Musa, Elia, Amos, Yesaya dan lain - lain ). Seringkali mereka harus menentang raja atau rakyat Israel sendiri yang telah menyimpang dari kehendak TUHAN. Juga Yohanes Pembaptis ( misalnya Matius 11:5 ) dan Yesus sendiri ( misalnya Lukas 24:17 ) disebut nabi. Menurut pengharapan orang Yahudi akan muncul seorang nabi yang bertugas merintis jalan Mesias ( UIangan 18:15, 18, Yohanes 6:14 ). Yesus memberitahukan bahwa akan datang nabi - nabi palsu yang mau menyesatkan orang percaya ( Matius 24:11, 24 ). Dalam Jemaat Purba tampil beberapa nabi ( Kisah Para Rasul 13:1, 1 Korintus 12:28-29 , Efesus 4:11 ). 


  • NABIAH : (Ibrani nevi'a, Yunani profetis), Di seluruh Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, 'nabiah' dipakai dalam arti yang sama dengan 'nabi'. Nabiah mengacu kepada perempuan dan nabi mengacu kepada laki-laki. 

Nabiah yang secara khusus disebut ialah: Miryam, saudara perempuan Musa, yang memimpin tarian disertai nyanyian untuk merayakan pembebasan Israel dari Mesir (Keluaran 15:20): Debora, istri Lapidot, 'seorang ibu di Israel” (Hakim-hakim 5:7) yang diminta nasihatnya karena dipandang sebagai hakim antar suku (Hakim-hakim 4:4), Hulda, istri seorang yang mengurus pakaian raja, yang mengumumkan kehendak ilahi kepada Yosia setelah kitab Taurat ditemukan (2 Raja-raja 22:14). Noaya, yang bergabung dengan nabi-nabi lainnya dalam usaha untuk menakut-nakuti Nehemia (Nehemia 6:14): dan Hana, yang memuji TUHAN di Bait Suci pada waktu bayi Kristus dibawa ke sana (Lukas 2:36 dan ayat berikutnya). 

Istri Yesaya disebut 'nabiah' (Yesaya 8:3). Keempat anak dara Filipus yang tidak disebut nama mereka bernubuat di Kaisarea (Kisah Para Rasul 21:9). Di gereja kuno, seperti nampak dalam Surat Paulus kepada orang - orang Korintus, karunia bernubuat dilakukan oleh banyak orang Kristen, tanpa membeda-bedakan jenis kelaminnya (baca juga surat 1 Korintus 11:4 dan ayat berikutnya). Ini sesuai dengan nubuat Yoel (Yoel 2:28, 'anak - anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat') yang dipenuhi Roh Ilahi pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:16 dan ayat berikutnya). 

Ada nabiah-nabiah palsu, seperti juga ada nabi-nabi palsu di Israel (baca Yehezkiel 13:17). Dalam Perjanjian Baru kemasyhuran yang buruk diperoleh 'wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah' (Wahyu 2:20).


  • NAFTALI : (Naftali: 'yang bergulat'). Putra ke-6 dari Yakub (Kejadian 30:7 dan ayat berikutnya), ibunya adalah Bilha, budak perempuan Rahel, Keterangan mengenai dia sebagai 'rusa betina yang terlepas” dalam Kejadian 49:21 dapat berarti bahwa dia cepat kaki atau lincah. Targum dari Pseudo-Yonatan memberi dia masa hidup 132 tahun. Bilangan 2:29-31 mencatat sukunyalah yang terakhir dalam daftar perkemahan di padang gurun, suku itu dimasukkan di bawah panji suku Dan. 

Sembilan belas kota yang terletak di wilayah Naftali disebut dalam Yosua 19:32-39. Sebagai tambahan pada kota perlindungan yang terkenal, Kedesy-Naftali, wilayah itu mencakup juga kota besar Hazor dan kedua kota suci Kanaan — Bet-Anat dan Bet-Semes. Yosua 19:35 menyebut tiga kota yang di pesisir Danau Galilea, Hamat (di selatan Tiberias), Rakat (di utara Tiberias), dan Kineret (di barat Kapernaum). Daerah di sekeliling sumber-sumber Yordan termasuk ke dalam wilayah Naftali. Dari bagian yang paling utara, puak Naftali tidak dapat menghalau orang kanaan, yang beribadat kepada Anat dan Semes (Hakim-hakim 1:33). Orang Kanaan didapati oleh kaum Dan menguasai Lais pada waktu mereka menyerang Lais, dan nampaknya bisa terjadi karena tidak ada perlawanan dari pihak Naftali (Hakim-hakim 18). 

Wilayah Naftali mencakup banyak gunung dengan padang penggembalaan dan lembah-lembah yang baik untuk ditanami. Daerah ini merupakan salah satu wilayah dimana Salomo memperoleh perbekalan, kepala daerahnya adalah menantu Salomo (1 Raja-raja 4:15). Di barat laut Danau Galilea, di pesisir pantainya, terletak dataran Genesaret yang subur. Air berlimpah-limpah disediakan oleh sumber-sumber yang banyak sekali. 


  • NARWASTU : Sejenis bau - bauan yang dibuat dari akar serai wangi ( Kidung Agung 1:12, 4:13-14, Markus 14:3, Yohanes 12:3 ). 


Narwastu dalam bahasa Ibrani menggunakan kata ' nèrd ' dan dalam bahasa Yunani menggunakan kata ' nardos ' yang merupakan tanaman mahal dan berharga yang banyak tumbuh di India Utara, sekitar wilayah pegunungan Himalaya yang sampai saat ini sering digunakan untuk meminyaki rambut.



  • NAZARET : Kota asal Yesus, yang terletak di Galilea ( Lukas 2:4 ), Berhubung dengan itu ia disebut " Yesus dari Nazaret ” atau " Yesus orang Nazaret ” ( misalnya Markus 1:24 ). Orang - orang Kristen pertama juga disebut: " Orang orang Nasrani " ( Kisah Para Rasul 24:5 ).
Nazaret merupakan kota  yang terletak di Galilea, tempat tinggal Yusuf, Bunda Maria dan  Yesus selama kurang lebih 30 tahun sampai Yesus ditolak (Lukas 2:39 , Lukas 4:16 , dan ayat 28 - 31 sehingga Yesus disebut orang dari  Nararet.

Nazaret terletak di suatu lembah yang curam di antara bukit - bukit batu gamping yang paling selatan dari barisan Libanon, barisan ini membentang dari selatan barat daya ke utara timur laut. Ke arah selatan terdapat turunan tajam ke dataran Esdraelon. Dasar lembah itu berada 370 meter di atas permukaan laut. Bukit - bukit curam menonjol di bagian utara dan timur, sedang di bagian barat tinggi bukit mencapai 500 meter dan merupakan pemandangan yang mengesankan. Jalan - jalan besar dari Yerusalem dan Mesir membelok ke dataran Esdraelon di selatan, kafilah-kafilah dari Gilead menyeberangi arungan-arungan Yordan dan melintasi dataran rendahnya: jalan utama dari Ptolemais ke Dekapolis dan utara, yakni jalan yang ditempuh pasukan - pasukan Romawi, berada beberapa kilo meter di atas Nazaret. Lokasi demikian menimbulkan suatu nama, yang berasal dari bahasa orang Aram yaitu nats'rat,  yang artinya 'menara jaga”. Iklim yang sejuk di lembah itu memungkinkan bunga-bunga dan buah-buahan liar tumbuh subur di tanah Nazaret.

Nazaret tidak ada disebutkan dalam kitab Perjanjian Lama. 
Nazaret memang terletak cukup dekat dengan beberapa jalur perdagangan penting untuk suatu hubungan kerja sama dengan dunia luar. 


  • NAZIR : Orang yang membaktikan diri untuk pelayanan kepada TUHAN, kadang - kadang untuk sementara waktu, kadang - kadang untuk seumur hidup. Ia tidak boleh memangkas rambutnya atau meminum air anggur ( misalnya Bilangan 6 dan Hakim - Hakim 13:5 )

Hukum nazir dalam Bilangan 6 


Aturan-aturan untuk seorang Nazir seperti yang sudah ditentukan  dalam Bilangan 6 menyajikan dasar paling sempurna dan cocok untuk didiskusikan, biarpun pasal tersebut secara kronologis bukanlah rujukan pertama alkitabiah untuk pokok ini. 


1.  Larangan - larangan Orang Nazir


-  Orang Nazir harus memantangkan anggur dan minuman yang memabukkan, cuka anggur dan buah anggur, guna menjaga integritas dan kekudusan orang Nazir teraebut, agar dia jangan kerasukan roh lain selain dari roh Allah (bandingkan dengan Amsal 20:1). Seperti seorang imam yang bertugas, orang Nazir memantangkan anggur agar lebih layak mendekati Allah,namun juga sebagai protes terhadap kebudayaan Kanaan, dan keinginan untuk kembali kepada adat-istiadat zaman pengembaraan yang banyak diceritakan dari generasi ke generasi.


- Nazir tidak boleh mencukur raambutnya selama waktu penasbihan, karena rambut yang dianggap sebagai tempat tinggal yang paling disukai roh - roh. Rambut nazir harus dipelihara dalam keadaan alaminya sampai dibakar habis untuk menjamin kemusnahannya tanpa rasa takut tercemar.


- Nazir tidak boleh mendekati mayat sekalipun keluarga terdekatnya yang meninggal.


Ciri khas seorang nazir adalah penyerahan diri seutuhnya kepada TUHAN Allah, dimana seluruh tubuh harus dipersembahkan sebagai pelayanan khusus. Kekusudsan yang biasanya dikaitkan dengan para imam diperluas kepada nazir.


  • NEBUKADNEZAR : Raja Babel ( tahun 604 - 565 sebelum Masehi ) yang pada tahun 586 merebut kota Yerusalem, memusnahkan Bait Allah dan menyingkirkan sebagian pendukungnya ke Babel ( pembuangan ). 

Nama Nebukadnezar sering disebut oleh nabi Yeremia, Daniel, Yehezkiel dan dalam sejarah wilayah Yehuda pada zaman purba kala.

Dalam buku sejarah menurut buku tawarikh orang Babel, Nebukadnezar merupakan anak dari pendiri bangsa Kasdim, Nabopolassor.

Tahun pertama pemerintahannya, Nebukadnezar menerima upeti di Siria, dari raja-raja Damsyik, Tirus, Sidon dan dari Yoyakim, yang  setia kepada Nebukadnezar selama 3 tahun (2 Raja - Raja 24:1, Yeremia 25:1), berbeda dengan Askelon  yang menentang dan akhirnya kota Askelon runtuh. Dalam kampanye tahun 601 sebelum Masehi orang Babel telah ditaklukkan oleh Mesir, dan setelah peristiwa itu Yoyakim mengalihkan kesetiaannya kepada para pemenang, meskipun nabi Yeremia telah memperingatkan ( Yeremia 27:9-11 ). Nebukadnezar mempersenjatai tentaranya dengan menyerang suku-suku Arab di Kedar dan Yordan Timur tahun 599 sebelum Masehi, seperti yang juga dinubuatkan oleh Yeremia (Yeremia 49:28-33), dalam rangka tindakan pembalasan dendamnya terhadap Yoyakim dan Yehuda (2 Tawarikh 36:6). Pada tahun.ke-7 pemerintahannya, Nebukadnezar ' bergerak menuju Palestina dan menaklukkan kota Yehuda yang direbutnya pada hari kedua bulan Adar” ( setara dengan kalender 16 Maret 597 sebelum Masehi). Lalu dia menangkap raja Yehuda dan mengangkat seorang raja pilihannya sendiri, setelah menerima sejumlah besar upeti yang dia kirim ke Babel. Penaklukan Yerusalem dan rajanya, Yoyakhin (anak Yoyakim dan penggantinya), pemilihan Matanya-Zedekia sebagai raja pengganti, pengangkutan barang rampasan dan orang - orang buangan, semuanya dikisahkan dalam 2 Raja - Raja 24:10 - 17. Nebukadnezar memindahkan inventaris Bait suci ke kuil Bel-Marduk di Babel (2 Tawarikh 36:7, 2 Raja - Raja 24:13, Ezra 6:5). Nama Yoyakhin dan orang-orang buangan Yahudi lainnya disebut dalam prasasti - prasasti asal Babel.


  • NEGEB : Tanah Negeb ialah daerah selatan dari tanah Kanaan: sebelah Selatan dari pegunungan Yehuda dan sebelah barat dari Laut Mati.

Tanah Negeb berada di Israel dekat Gaza-Bersyeba, melintasi daerah yang memiliki curah hujan kira - kira 20 cm per tahun, terus ke arah timur Bersyeba ke Laut Mati melalui Ras ez-Zuweira. Sebelah selatan berbatasan dengan perbukitan Semenanjung Sinai, yang secara politis sekarang direntangkan di selatan Wadi el-Arish ke wilayah atas teluk Akaba di Elat. Wadi Araba, juga secara politis sekarang adalah perbatasan dengan Yordan, yang ke arah timur berbatasan dengan tebing curam Araba. Negeb dalam Alkitab hampir seluruhnya terbatas pada zaman pra-pembuangan kecuali pada surat Zakharia 1:7 dan Obaja 20. Kelima wilayah di utara Negeb ialah: Negeb Yehuda, Negeb orang Yerahmeel, Negeb orang Keni (1 Samuel 27:10), Negeb orang Kreti dan Negeb Kaleb (1 Samuel 30:14). Kelima wilayah itulah padang penggembalaan dan lahan pertanian antara Bersyeba dan Bir Rikhmeh dan lereng-lereng wilayah barat dari pusat perbukitan Khurashe Kurnub, wilayah yang diduduki orang Amalek (Bilangan 13:29).

Negeb penting sekali secara strategis dan ekonomis. Jalan Asyur” melintasi Sinai menuju timur laut ke Yehuda (Kejadian 16:7, Kejadian 20:1 Kejadian:18: Keluarga 15:22, Bilangan 33:8), Suatu rute yang ditempuh bapak - bapak leluhur Israel (Kejadian 24:62, 26:22), oleh Hadad dan Edom (1 Raja - Raja 11:14, 17, 21, 22), dan rute pelarian yang ditempuh nabi Yeremia ( Yeremia 43:6 - 12) dan kemudian oleh Yusuf dan Maria (Matius 2:13-15). Rute itu ditentukan oleh daerah permukiman di mana mata air sangat penting, justru berulang kali muncul hunjukan pada mata air (baca juga surat Kejadian 24:15-20, Yosua 15:18, 19, Hakim - Hakim 1:14, 15). 

Uzia memperkuat pertahanan Yerusalem dengan mendirikan pusat-pusat pertanian dan benteng-benteng di bagian selatan yaitu Negeb utara yang terbuka (2 Tawarikh 26:10).


  • NENEK MOYANG : Para bapa leluhur bangsa Israel, khususnya Abraham, Ishak dan Yakub. Allah mengikat perjanjian dengan mereka dan keturunan mereka. 

  • NERAKA : Tempat siksaan untuk orang - orang mati, yang semasa hidupnya tidak mematuhi panggilan Yesus untuk menerima Kerajaan Allah. 



Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad N"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel