Kamus Alkitab Indonesia Abjad O

https://www.kristenpunya.com




  • OBAJA :

1. Pelayan atau kepala istana raja Ahab dari Israel (1 Raja - Raja 18:3-16). Dari masa mudanya dia pengikut TUHAN yang saleh. Sewaktu Izebel menganiaya nabi - nabi TUHAN, Obaja menyembunyikan 100 orang dari antara mereka di dalam dua gua. Pada musim kemarau, saat Obaja mencari rumput untuk kuda-kuda dan keledai-keledai raja, Elia menjumpai dia dan membujuknya mengatur pertemuan dengan Ahab, yang menghasilkan pertandingan antara Elia dan para nabi Baal. Suatu meterai kuno Ibrani yang ditulis "Untuk Obaja hamba raja' milik dia. 

2. Seorang keturunan Daud (1 Tawarikh 3:21). 

3. Seorang kepala suku dari Yizrahya (1 Tawarikh 7:3). 

4. Seorang keturunan Saul (1 Tawarikh 8:38, 1 Tawarikh 9:44). 

5. Seorang Lewi (1 Tawarikh 9:16), sama dengan Abda (Nehemia 11:17) dan mungkin dengan Obaja, penunggu gerbang Bait Allah (Nehemia 12:25). 

6. Seorang pahlawan orang Gad, yang mengikuti Daud di Ziklag (1 Tawarikh 12:9). 

Obaja ( Surat Alkitab  )


Garis besar isi surat Obaja :

1. Peringatan mengenai malapetaka Edom, Kehancuran atau hukuman atas Edom serta alasan - alasan Edom dihukum.

2. Penghakiman secara menyeluruh ( ayat 15 dan 16 )

3. Pemulihan atas bangsa Israel ( ayat 17 sampai ayat 21 )

Kitab Obaja adalah Kitab terpendek atau kitab paling singkat dari seluruh kitab yang ada dalam Perjanjian Lama.

Judul perikop Alkitab dalam surat Obaja adalah " Nubuat tentang Edom ". Banyak dari nubuat itu memuat kata-kata Allah sendiri dengan mempersonifikasikan Edom (ayat 2-15). Kegamblangannya mencolok dengan penggunaan kata kerja waktu lampau (ayat 2) untuk melukiskan penghakiman yang belum dilaksanakan, dan dengan pemakaian larangan - larangan (ayat 12-14) yang melarang kekejaman padahal telah dilakukan. Aneka perbandingan dan kiasan mencolok digunakan seperti : "sekalipun engkau terbang tinggi seperti burung rajawali (ayat 4), para perampok Edom dibandingkan dengan pencuri malam dan pemetik buah anggur (ayat 5), penghakiman bangsa - bangsa adalah minuman pahit, yang harus mereka teguk (ayat 16). Orang Israel yang membalas dendam disebut api, dan orang Edom disebut tunggul gandum (ayat 18). Kejahatan Edom dari yang terkecil sampai yang terbesar didaftarkan (ayat 10-14). Dituntaskan dengan nubuat pemulihan bangsa Israel dinyatakan dengan perluasan empat jurus utama (ayat 19, 20). Dosa dan malapetaka dalam ayat 1-16 dengan tajam dipertentangkan dengan pengharapan dan kemenangan dalam ayat 17-21. Kitab Obaja maju dari kata yang khusus ke yang umum, dari penghakiman Edom ke penghakiman universal, dari pemilihan bangsa Israel ke penegakan Kerajaan Allah. 


  • OBED :

1. Anak Rut dan Boas (Rut 4:17), yakni kakek Daud (Rut 4:21 dan ayat - ayat berikutnya, 1 Tawarikh 2:12, Matius 1:5, Lukas 3:32). Kelahiran Obed membawa penghiburan bagi Naomi yang sudah lanjut usia. 

2. Seorang keturunan Yerahmeel (1 Tawarikh 2:37 dan ayat berikutnya). 

3. Seorang pahlawan Daud yang gagah perkasa (1 Tawarikh 11:47). 

4. Anak Semaya dan cucu dari Obed-Edom, dari keluarga Korah (1 Tawarikh 26:7). 

5. Ayah dari Azarya, seorang kapten yang melayani di bawah Yoyada (2 Tawarikh 23:1). 



  • OBED - EDOM :
lbrani 'oved dom' atau pelayan dari dewa). 

1. Seorang Filistin dari Gat, tinggal tidak jauh dari Yerusalem. Sebelum Daud membawa tabut TUHAN ke Yerusalem, dia meninggalkan tabut itu di rumah Obed-Edom selama tiga bulan, sejak Uza meninggal. Kehadiran tabut itu membawa berkat pada keluarganya (2 Samuel 6:10 dan ayat berikutnya, 1 Tawarikh 13:13, 1 Tawarikh 15:25). 

2. Leluhur dari salah satu keluarga penunggu pintu gerbang (1 Tawarikh 15:18 dan ayat berikutnya, 2 Tawarikh 16:38, 2 Tawarikh 26:4, 2 Tawarikh 25:24). 

3. Suatu keluarga penyanyi pada zaman pra-pembuangan (1 Tawarikh 15:21: 16:5).


  •  ODED :

1. Ayah dari Azarya (2 Tawarikh 5:1), pada masa pemerintahan Asa. Dalam ayat 8 disebutkan 'nabi Azarya bin Oded'. 

2. Seorang nabi dari Samaria (2 Tawarikh 28:9-15) yang menemui bala tentara Kerajaan Utara, yang kembali sesudah kemenangan dengan membawa sejumlah tawanan yang diperbudak dari Yehuda. Sang nabi memprotes dan mendesak tentara itu untuk mengembalikan para budak itu. Permohonannya yang didukung oleh beberapa pemimpin Samaria, berhasil terlaksana.



  • OFEL : Bagian bukit timur di Yerusalem, antara Sion ( kota Daud ) dan Bait Suci. 

  • OFIR :(Ibrani 'ofir) Kejadian 10:29, 1 Raja-raja 10:11). 

1. Nama anak Yoktan dalam silsilah Sem (Kejadian 10:29, 1 Tawarikh 1:23). Suku ini terkenal dari prasasti-prasasti zaman pra Islam (G Ryckmans, Les noms propres sud-semitigues, 1934, hlm 298, 339 ). Wilayah mereka terletak antara Saba di Yaman dan Hawilah (Hawlan) seperti digambarkan dalam Kejadian 10:29. Tradisi Islam menyamakan Yoktan dengan Oahtan, seorang anak Ismael dan 'ayah semua orang Arab'. 

2. Negeri dari mana emas murni diimpor ke Yudea (2 Tawarikh 8:18, Ayub 22:24, 28:16, Mazmur 45:9, Yesaya 13:12), kadang-kadang dalam jumlah besar (1 Tawarikh 29:4), dan kayu cendana (1 Raja-raja 10:11), perak, gading, dan dua jenis kera (1 Raja-raja 10:22), dan batu-batu permata yang mahal (2 Tawarikh 9:10). Iring-iringan kapal Salomo sampai ke Ofir dari Ezion-Geber di Teluk Akaba (1 Raja-raja 9:28), menggunakan 'kapal-kapal Tarsis', barangkali kapal-kapal yang biasanya dipakai mengangkut biji-biji besi (1 Raja-raja 22:49). Pelayaran ini memakan waktu satu tahun penuh , perdagangan ini cukup terkenal, sebab Ofir searti dengan emas halus, yang merupakan hasil yang utama (Ayub 22:24). Dalam Yesaya 13:12 Ofir disejajarkan dengan 'ogir, yang berarti 'saya akan membuat mahal' (Hebrew Union College Annual, 12-13, 1937-1938, halaman 61). Penegasan dagang ini terdapat dalam suatu lempengan yang ditemukan di Tell Oasileh (Afek) timur laut Tel Aviv tahun 1946, dituliskan 'emas dari Ofir untuk Bet-Horon. 


  • OG : Raja Amori dari Basan, dari ras raksasa Refaim pada waktu penaklukan Palestina (Bilangan 21:33 dan Yesaya 13:12). Kerajaannya sangat perkasa, mempunyai 60 kota dengan tembok yang tinggi-tinggi, pintu gerbang dan palang-palang yang terbentang dari gunung Hermon sampai ke Yabok. Termasuk di dalamnya dua kota raja, Asytarot dan Edrei. Di Edrei bangsa Israel mengalahkan dan membunuh dia. Daerahnva separuhnya diberikan kepada suku Manasye (UIangan 3:13), yang tinggal di sebelah timur Yordania. Penaklukannya adalah salah satu kemenangan Israel yang gilang gemilang ( baca juga Yosua 9:10, Nehemia 9:22, Mazmur 135:11, Mazmur 136:20). 
Tempat tidurnya termasyhur yang terbuat dari besi. Ada beberapa pengamat sejarah bangsa - bangsa Timur Tengah menyatakan bahwa itu sebenarnya adalah peti mayat dari batu, kendatipun itu tidak mempunyai arti demikian, tapi peti mayat serupa banyak ditemukan di daerah itu. Rupanya ranjangnya itu jatuh ke tangan orang Amon dan disimpan di Raba (Ulangan 2:11).


  • OHOLA DAN OHOLIBA : Nama-nama ini adalah kiasan untuk Samaria (Kerajaan Utara) dan Yerusalem dalam Yehezkiel 23, masing-masing berarti 'kemahnya' dan 'kemah saya berada di dalamnya'. Dalam nama pertama terkandung kritik terhadap upacara keagamaan kerajaan di bagian Utara. Kedua kerajaan itu digambarkan kakak-beradik, yang sama - sama berbuat doda sundal di tanah Mesir, kedua-duanya dikawinkan dengan Yahweh, dalam suatu alegori pertentangan dengan larangan dalam Imamat 18:18 tidak usah menimbulkan kesulitan. Kedua-duanya dituduh berzinah mengkhianati Yahweh, suami mereka, yaitu dengan sukarela terlibat dan bersekutu secara politis dengan bangsa-bangsa lain, dalam pengertian waktu itu bahwa persekutuan antara dua bangsa melibatkan kedua pihak terikat kepada dewa-dewa mereka. Bersundal di Mesir juga sebagai kiasan sebagai gambaran bahwa bangsa Samaria dan Yerusalem telah meninggalkan TUHAN dan memilih menyembah para dewa. Oholiba telah diperingatkan, bila tidak mau belajar dari nasib kakaknya, nasibnya akan serupa juga. 

  • OLIMPUS : Seorang Kristen yang berpengaruh,  sekalipun tidak dikenal yang dikirim Salam oleh Paulus di Roma 16:15.

Nama Olimpic dan Olimpiodorus yang lazim di seluruh kerajaan Romawi diambil dari Olimpus sebagai bentuk penghormatan dan pengingat akan sosok Olimpus.



  • OMRI :
1. Panglima tentara Ela, raja terakhir dari wangsa Yerobeam, anak Nebat. Omri sedang memimpin pasukan Israel merebut kota Filistin, Gibeton, waktu datang berita mengatakan bahwa Zimri telah membunuh raja dan menduduki takhta kerajaan (1 Raja-raja 16:16). Pasukan Israel mengangkat Omri menjadi raja (885 sebelum Masehi), dan segera bergerak ke Tirza. Zimri putus asa lalu membakar istana dan mati di dalam api itu. Empat tahun kemudian Tibni dikalahkan dan dibunuh. Pilihan Omri atas gunung Samaria (1 Raja-raja 16:24) menjadi ibukota baru bagi Kerajaan Utara merupakan kebijakan yang baik. Tempat ini sangat indah dan letaknya yang strategis, memampukan orang Israel mematahkan serangan-serangan Siria dan Asyur sampai direbut oleh Sargon tahun 722 Sebelum Masehi (itupun terjadi sesudah 3 tahun pengepungan) kalah dalam pertentangan dengan Damsyik, terpaksa Omri menyerahkan kota-kota tertentu kepada orang Siria (1 Raja-raja 20:34). Guna memperkuat kedudukannya, dia mengawinkan anaknya, Ahab, dengan putri Etba'al, imam besar dari Tirus. Peranan menantunya ini dalam sejarah Israel mendatangkan akibat-akibat yang tidak baik. Omri begitu keras menguasai Moab, sehingga hanya pada waktu Mesa menjadi raja Moab, rakyat Moab baru cukup kuat untuk memberontak menentang Israel (2 Raja-raja 3:4). Dari zaman Salmaneser III hingga zaman Sargon, Israel Utara dicatat dalam beberapa prasasti Asyur sebagai 'tanah keluarga Omri', sebagai pertanda bahwa di bawah pemerintahan Omri orang Israel pertama kali membayar upeti kepada Asyur.

Biarpun penting dari sudut sejarah, namun hanya sedikit yang dicatat mengenai pemerintahan Omri selama 12 tahun. Yang pertama dari wangsa 4 keturunan, diberitakan bahwa dia melakukan sesuatu yang jahat di mata TUHAN, dan rupanya ia menyetujui praktik sinkretis dalam agama (bandingkan dengan surat Mika 6:16). Namun demikian pada saat kematiannya (kira-kira 874 Sebelum Masehi) suatu kerajaan yang makmur dan sejahtera diwarisi oleh anaknya.

2. Seorang dari suku Benyamin, anak Bekher (1 Tawarikh 7:8)

3. Seorang dari suku Yehuda, keturunan Peres (1 Tawarikh 9:4)

4. Kepala suku Isakhar pada zaman Daud (1 Tawarikh 27:18).


  • ONAN :
Putra kedua Yehuda ( Kejadian 38:4, Kejadian 46:12, Bilangan 26:19, dan 1 Tawarikh 2:3). Oleh karena abangnya Er, Onan disuruh ayahnya Yehuda untuk mengawini Tamar, janda Er. Onan yang dianggap tidak patuh kepada orang tua dan tidak mengikuti adat istiadat yang ada dalam tradisi bangsa Yahudi akhirnya dibunuh(Kejadian 38:8-10).


  • ONESIFORUS : Dalam 2 Timotius yang ditulis oleh Paulus kepada Timotius di Efesus, rasul itu mengirim salam kepada keluarga Onesiforus (4:19), dan mendoakan kiranya kasih karunia TUHAN menyertai mereka, dan Onesiforus sendiri kiranya memperoleh belas kasihan TUHAN pada hari besar penghakiman. Sahabat Kristiani sejati ini sering membawa bantuan kepada Paulus pada saat-saat Paulus dalam keadaan sulit, dan telah bersusah payah mencari dan menemui dia di Roma, tempat Paulus dipenjarakan. Paulus memperhatikan, bahwa kelakuan sahabat ini lain sekali dari orang Kristen Asia lainnya, yang meninggalkan Paulus pada saat-saat genting. Seperti Onesimus, Onesiforus hidup sesuai namanya, yang artinya 'pembawa keuntungan'. Paulus mengingatkan bahwa Timotius lebih mengetahui daripada Paulus sendiri mengenai pelayanan-pelayanan yang disumbangkan oleh Onesiforus kepada orang Kristen di Efesus (2 Timotius 1:16-19). Rasul Paulus itu mengirim salam kepada keluarga Onesiforus (4:19), dan mendoakan kiranya kasih karunia TUHAN menyertai mereka, dan Onesiforus sendiri kiranya memperoleh belas kasihan TUHAN pada hari besar penghakiman. Sahabat Kristiani sejati ini sering membawa bantuan kepada Paulus pada saat-saat Paulus dalam keadaan sulit, dan telah bersusah payah mencari dan menemui dia di Roma, tempat Paulus dipenjarakan. Paulus memperhatikan, bahwa kelakuan sahabat ini lain sekali dari orang Kristen Asia lainnya, yang meninggalkan Paulus pada saat-saat genting. Seperti Onesimus, Onesiforus hidup sesuai namanya, yang artinya 'pembawa keuntungan”. Paulus mengingatkan bahwa Timotius lebih mengetahui daripada Paulus sendiri mengenai pelayanan-pelayanan yang disumbangkan oleh Onesiforus kepada orang Kristen di Efesus (2 Timotius 1:16-19). 

  • ONESIMUS : Hamba pelarian milik Filemon, seorang Kristen berpengaruh di Kolose. Onesimus berkenalan dengan Paulus waktu Paulus tertawan di Roma dan Efesus (yang mana yang dipilih, tergantung pada pendapat tentang tempat Paulus sewaktu menulis surat Kolose). Dia bertobat karena Paulus (Filemon 1:10), dan menjadi saudara setia yang dikasihi (Kolose 4:9). Namanya, yang artinya 'berguna', adalah suatu nama yang lazim untuk hamba-hamba, kendati tidak terbatas hanya untuk mereka saja. Dia hidup sesuai namanya yang memiliki sifat penolong bagi Paulus, sehingga Paulus ingin menahan dia untuk melayaninya. Paulus tahu bahwa Filemon juga mempunyai keinginan yang sama (Filemon 1:13). Tapi rasul itu tidak mau bertindak tanpa persetujuan Filemon, karena itu dia mengembalikan Onesimus kepada pemilik semula dengan surat pengantar, yang dalam Alkitab dikenal sebagai Surat Paulus kepada Filemon. 
Dalam surat ini Paulus  menggunakan nama hamba itu dengan menggambarkannya sebagai ' dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku, dan mengisyaratkan secara sopan tapi terang, bahwa Rasul Paulus mengharapkan Filemon menerima Onesimus kembali untuk selama-lamanya, bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih daripada hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun sebagai orang Kristen' (Filemon 1:15, 16). Namun Paulus mengakui, bahwa menyuruh dia kembali adalah sama dengan kehilangan sebagian dirinya sendiri (Filemon 1:12). 

Penyebutan nama Onesimus adalah salah satu mata rantai yang menghubungkan Kolose dengan Filemon, dan memperlihatkan bahwa kedua surat itu dikirim dari tempat yang sama dan pada waktu yang sama.


  • OREB :

1. Seorang pangeran sekaligus panglima Midian dalam pasukan yang dihancurkan oleh Gideon.

2. Gunung batu sebagai pengingat akan sosok pangeran Midian sebagai peringatan akan kekalahan besar yang dialami bangsa Midian (Hakim-hakim 7:25, Yesaya 10:26). Pasukan Efraim menguasai tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan yang digunakan musuh untuk mundur.

  • ORPA :
Wanita Moab, menantu Naomi, dan ipar Rut (Rut 1:4). Setelah suami mereka meninggal, mereka berangkat dari Moab ke Yudea. Tapi Orpa, mengikuti nasihat Naomi, tinggal, kembali kepada keluarganya semula dan kepada peribadatan Kamos (Rut 1:15, 1 Raja-raja 11:33). Namun Naomi memohon dan menyerahkan dia dalam perlindungan TUHAN. 

  • OTNIEL :
Seorang Kenas, saudara dan kemenakan laki-laki dari Kaleb bin Yefune (Hakim-hakim 1:13), tidak jelas apakah 'adik Kaleb' atau istri Kaleb, namun merujuk kepada Otniel atau Kenas. Terkenal dalam perebutan Kiryat-Sefer (Debir), dia mengawini Akhsa, putri Kaleb. Kemudian dia melihat awal kemurtadan dan dominasi Kusyan-Risyataim, Karena itu ia memimpin pemberontakan dan berhasil. Otniel menjadi orang pertama dari hakim - hakim. Hakim-hakim 3:10 menyebut bahwa Otniel pemimpin kharismatik yang mengembalikan tata tertib dan ketenteraman.

Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad O"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel