Kamus Alkitab Indonesia Abjad P


https://www.kristenpunya.com



  • PAULUS :  Rasul Yesus Kristus yang dahulu bernama Saulus (Kisah Paa Rasul 7:58). Ia termasuk golongan Farisi dan turut menganiaya jemaat Kristen. Ia bertobat dan dipanggil menjadi rasul, khususnya di tengah - tengah bangsa - bangsa bukan Yahudi ( Kisah Para Rasul 9 , Galatia 1:13-16 ). Ia melakukan perjalanan - perjalanan untuk menyebarkan Injil dan mendirikan jemaat - jemaat. Untuk memelihara jemaat - jemaat itu ia menulis surat - suratnya. 

  • PEMBABTISAN : Upacara agama yang mempergunakan air. Istilah ini berasal dari kata yang secara harfiah berarti menyelamkan atau mencuci dengan air. Di antara orang Yahudi pada abad pertama, baptisan terutama berarti upacara tanda masuk ke dalam suatu kelompok atau persekutuan tertentu, atau upacara pembersihan dari dosa. Yohanes Pembaptis mengadakan baptisan sebagai tanda pertobatan dan pengampunan dosa. Di antara orang Kristen yang pertama, baptisan orang percaya merupakan upacara agama yang berarti pengampunan dosa dan penerimaan Roh Kudus ( Kisah Para Rasul 2:38 ). Paulus menerangkan bahwa baptisan  menandakan orang percaya bersatu dengan Yesus Kristus dalam kehidupan, kematian, dan ke bangkitan-Nya ( Roma 6:3-8 ), dan merupakan tanda bahwa seseorang menjadi anggota umat Allah.



  • PEMUNGUT CUKAI : Petugas - petugas yang diserahi pemungutan bea dan cukai untuk pemerintah penjajah (Roma). Seringkali mereka itu memeras rakyat untuk menguntungkan diri, sehingga mereka disebut bersama dengan orang berdosa ( misalnya Matius 9:10 ).
Dalam Kitab-kitab Injil Sinoptik kata pemungut cukai bila dalam bahasa Yunani  menggunakan kata : telones yang artinya pengumpul cukai atau bea demi kepentingan Roma, yang ditugasi oleh kontraktor. Sejak tahun 212 sebelum Masehi di Roma telah ada sekelompok orang yang mengadakan kontrak dengan negara untuk mengurus bermacam-macam hal. Mereka didukung dan dihubungkan erat dengan kelompok penunggang kuda, kemudian mereka aktif di beberapa provinsi, di mana tugas mereka mencakup pengumpulan persepuluhan dan bermacam - macam pajak tak langsung. 


  • PENATUA : Dalam Kisah Para Rasul dan surat - surat para rasul, penatua - penatua (kadang. kadang juga disebut: tua-tua jemaat) merupakan para pemimpin yang bertanggung jawab atas kehidupan jemaat. Tugas mereka ialah ”menggembalakan kawanan domba Allah, sebagai teladan bagi kawanan domba itu dalam tanggung jawab kepada "Gembala Agung” ( 1 Petrus 5:1-4 ). 

  • PENDATANG : Orang asing yang hanya untuk sementara waktu tinggal di tanah Kanaan ( misalnya Keluaran 12:45, Bilangan 35:15 ). 
Seseorang yang berada di negeri lain atau di luar negeri lalu kembali, juga dapat berarti 'seseorang yang sedang menjalani hidupnya sebagai manusia, kemudian masuk atau masuk lagi ke daerah sorgawi'. Karena itu masa hidupnya di dunia ini dikiaskan, 'ia hidup di sini sebagai orang asing'. Kata nama benda Ibrani dalam bentuk jamaknya megurim, berarti perbuatan bermukim di negara asing. Konsep itu dalam bahasa Indonesia diterjemahkan bermacam-macam: mendiami atau tinggal sebagai orang asing (Kejadian 17:8: 28:4: Keluaran 6:4: Mazmur 119:54: Yehezkiel 20:38), negeri penumpangan mereka (Kejadian 36:2: 37:1), pengembaraan (Kejadian 47:9). 

- Ada dua istilah teknis dalam bahasa Ibrani bagi seorang asing yang tinggal lama di suatu negeri lain yakni ger dan tosav yang berasal dari akar yang sama dengan arti mengirim. Kata pertama biasanya mengandung kurun waktu yang lebih panjang, sedangkan kata tosav lebih singkat. Jika keduanya digabungkan maka gabungan itu memberi tekanan kepada sifat sementara atau kefanaan, yang secara harfiah terdapat dalam kitab Kejadian 23:4, secara kiasan dalam Mazmur 33:12 dan  1 Tawarikh 29:15 ( bahasa Indonesia: pendatang). Kata-kata Yunani ini juga dipakai dalam Perjanjian Baru (1 Petrus 1:1, 17: Ibrani 11:13: 1 Petrus 2:11). 

Pada zaman Perjanjian Baru bahwa bahasa aslinya paroikos, bukan hanya berarti berdiam lebih lama di suatu tempat, dibandingkan parepidemos, tapi juga bahwa orang itu lebih penuh dimasukkan ke dalam hidup sipil dan kepada kewajiban - kewajiban perpajakan dari masyarakat yang menerimanya. 'Pendatang' sesuai 1 Petrus 1:1 itu kini masih berada dalam daging dan proses perjalanan waktu, tapi dipilih bagi hidup kekal melalui Kristus, dan karena itu berbeda sekali dari orang-orang duniawi. Pemakaian ungkapan 'orang asing dan pendatang' dalam Ibrani 11:13 ini mengesankan, mengingat pandangan bahwa Bait Suci dan segala hal duniawi hanya menjadi gambaran dan bayangan' (Ibrani 8:5) dari hal - hal yang sorgawi, dan bahwa dunia yang tampaklah yang nyata. 


  • PENEBUSAN : Hak dan kewajiban kaum keluarga untuk membeli kembali sebidang tanah yang telah dijual oleh seorang anggota keluarga itu karena utangnya (Imamat 25:25, Ruth 3:9, 12: 41) atau membeli kembali seorang anggota keluarga yang telah menjual diri menjadi budak. Pekerjaan Allah dalam melepaskan umat-Nya Israel dari perbudakan di Mesir (Keluaran 6:5: Ulangan 78). Demikianlah Yesus Kristus, datang untuk "memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.
Penebusan tidak hanya menengok ke belakang ke Golgota. Penebusan memandang ke depan ke kemerdekaan yang di dalamnya si tertebus berada. 'Kamu telah dibeli, dan harganya telah lunas dibayar”, jadi Paulus dapat berkata, 'karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu' (1 Kor 6:20). Justru karena mereka telah ditebus dengan harga yang demikian itu, maka orang percaya harus menjadi milik Allah. Mereka harus memperlihatkan dalam hidup mereka, bahwa mereka tidak lagi tertawan di dalam perbudakan dari mana mereka telah dilepaskan. Mereka dinasihati supaya berdiri teguh di dalam kemerdekaan yang dengan Kristus sebagai Sang Penebus telah memerdekakan kita (Galatia 5:1). 


  • PENGANUT AGAMA : Orang-orang bukan Yahudi yang masuk agama Yahudi. Mereka itu disunat dan dibaptis sebagai tanda pencucian dari dosa dan menerima " kuk " hukum Taurat Musa. Pada zaman Yesus para pemimpin umat Yahudi sangat giat dalam usaha membuat orang lain menjadi penganut agama mereka (Matius 41:19). Dari mereka ada banyak yang kemudian menerima Injil Kristus (Kisah Para Rasul 2:11 , Kisah Para Rasul 13:43.

  • PENGUASA : Bersama - sama dengan pemerintah -  pemerintah dan kekuasaan - kekuasaan, dan kerajaan-kerajaan dan singgasana-singgasana, maka penguasa-penguasa disebut sebagai penyataan "kerajaan angkasa” (Efesus 2:2), "penghulu-penghulu dunia yang gelap ini” (Efesus 6:12). Karena kebangkitan-Nya Kristus ditempatkan di atas segala penguasa itu (Efesus 1:21): Ia adalah Kepalanya (Kolose 2:10) yang telah mengalahkannya (Kolose 2:15). Dan jemaat terpanggil untuk memberitakan hal itu kepada penguasa-penguasa itu (Efesus 3:10). 

  • PENILIK JEMAAT : (Yunani: episkopos) Gembala-gembala jemaat. Tentang orang-orang yang dalam Kisah Para Rasul 20:17 disebut "penatua jemaat” dikatakan dalam ayat 28: "Kamu ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat.” Bandingkan dengan juga 1 Timotius 3:2-5: penilik jemaat harus "mengurus jemaat Allah”. Kata uskup berasal dari istilah Yunani episkopos ini. Akhirnya Yesus disebut "gembala dan penilik jiwamu” (1 Petrus 2:25). 


  • PERJANJIAN : Persetujuan yang dibuat Allah dengan Abraham dahulu (Kejadian 17:1-8) dan kemudian dengan umat Israel (Ulangan 29:10-15) dan yang disertai janji - janji dari pihak Allah dan yang menuntut kesetiaan dari pihak manusia. Penumpahan darah Kristus di Golgota membaharui perjanjian Allah itu (Lukas 14:20, 1 Korintus 11:25, bandingkan dengan Yeremia 31:31). Ialah "Pengantara perjanjian baru” (Ibrani 9:15, 12:24). Rasul Paulus menjadi pelayan dari perjanjian baru, yaitu pelayanan Roh (2 Korintus 3:6-8). 

  • PERKAMEN : Kulit binatang (sapi atau domba) yang dulu dipergunakan sebagai bahan tulisan. 
Pada zaman dulu perkamen digunakan sebagai alat tulis pengganti kertas.



  • PERSEMBAHAN KHUSUS : lihat KORBAN

  • PERTOBATAN : Pembaharuan hidup sehingga kembali kepada TUHAN. Perubahan total sehingga yang lama ditinggalkan. Pemberitaan Yesus yang pertama berbunyi: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Matius 4:17). 

  • PERUMPAMAAN :  Cerita - cerita yang bermaksud menjelaskan hal - hal yang tersembunyi, khususnya cerita-cerita yang mengandung hal-hal yang nyata dalam kehidupan manusia yang dipakai Tuhan Yesus untuk menerangkan Kerajaan Allah dan rahasianya (Matius 13:11).

  • PESER : Mata uang tembaga Yahudi yang paling kecil, sama dengan setengah duit.
Pada tahun 141-140 sebelum Masehi Antiokhus VII memberi izin ke Simon Makabe, seorang imam dan panglima orang Yahudi mencetak koin uang sendiri sebagai alat pembayaran yang sah dalam negeri (1 Makabe 15:6). Sejak itu koin Yahudi ditempa, umumnya tembaga, sedangkan negeri tetangganya mengeluarkan koin perak berlimpah. Koin dana Yahudi menghormati hukum kedua, karena itu motif - motif koin mereka ketat terikat kepada pola-pola holtikultura dan benda-benda mati. Koin yang ditempa pada pemerintahan raja - raja Herodes satu dua kali melanggar hukum kedua, karena pada satu sisi memperagakan kepala kaisar yang sedang memerintah, dan kadang-kadang wajah  Herodes. Selama masa Revolusi Pertama (66 - 70 Masehi) dengan bangga orang Yahudi menempa pertama kalinya koin perak mereka, mengeluarkan baik syikal perak, seperempat syikal, setengah syikal maupun koin perunggu. Sebagai akibat dari revolusi ini perbendaharaan Bait Suci disita, sehingga tidak ada lagi persediaan logam orang Yahudi untuk menempa koin pada Revolusi Kedua (132-135 Masehi). Karena itulah mereka rayakan kemerdekaan mereka dengan menempa ulang koin asing lama, membubuhinya dengan cap-cap Yahudi, dan tulisan ukir 'kelepasan Yerusalem. 

Satu-satunya koin Yahudi yang disebut dalam Perjanjian Baru adalah uang perunggu lepton (dari Yunani leptos — 'kecil, mungil”). Inilah peser yang dimasukkan janda itu dalam Markus 12:42 dan Lukas 21:2. Harganya dengan setengah uang Roma quadrans, jadi seperdelapan assarion. Mata uang ini ditempa oleh pro kurator-prokurator dan raja-raja setempat untuk daerahnya masing-masing. Ada bukti bahwa "Pilatus memakai gambaran yang menghina orang Yahudi pada mata uangnya. 


  • PETRUS SIMON : Bersama dengan saudaranya Andreas termasuk murid-murid Yesus yang pertama (Matius 4:17). Setelah ia mengaktu Yesus sebagai Mesias, ia disebut Petrus: "Dan di atas batu karang (Yunani: petra) ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku” (Matius 16:16-18). Bandingkan dengan juga Yohanes 1:42 di mana dipakai nama Aram, yaitu Kefas yang searti dengan Petrus (orang batu karang). Ia menyangkal Yesus pada saat-saat pengadilan-Nya, tetapi kemudian diangkat Yesus menjadi gembala kawanan domba Tuhan (Yohanes 21). Ia menjadi soko guru jemaat Yerusalem, bersama dengan Yakobus dan Yohanes (Galatia 2:9, Kisah Para Rasul 15:7-11), dan menjadi kepala pekabaran Injil kepada orang orang Yahudi (Gal. 2:7). Menurut tradisi ia mati sebagai martir (syahid) di Roma. 


  • PILATUS : Pontius Pilatus memangku jabatan gubernur Romawi atas Yudea, Samaria dan Idumea, tahun 26-36 Sesudah Masehi ia memegang peranan pokok dalam pengadilan Yesus (Markus 15:1-15). 

  • PONDOK DAUN : lihat HARI RAYA PONDOK DAUN

Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad P"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel