Kamus Alkitab Indonesia Abjad Z





  • ZAANAN : 


Disebut dalam surat Mika 1:11, suatu penduduk yang sama dengan Zenan dalam surat Yosua 15:37. Suatu penduduk yang masih dalam wilayah Yehuda, dalam surat Mika dikatakan bahwa penduduk ini tidak berani keluar kota ketika penyerbu datang melewati wilayah mereka sendiri. 


  • ZABAD : 


1. Seorang suku Efraim (1 Tawarikh 7:21).

2. Seorang suku Yehuda, dari garis keturunan Hezron (1 Tawarikh 2:36). Salah seorang pahlawan Daud (1 Tawarikh 11:41),  perhatikan nama Ahlai pada keturunannya. 

3. Seorang yang ikut bersekongkol melawan Yoas (2 Tawarikh 24:26). Bentuk yang benar dari nama itu ialah Yozakar (bandingkan dengan 2 Raja-raja 12:21).  Tiga orang awam yang menyuruh pergi istri mereka yang berasal dari bangsa asing, sesuai perintah Ezra (Ezra 10:27, 33, 43). 


  • ZABDI : 


1. Kakek dari Akhan yang mengambil sebagian dari barang jarahan yang dikhususkan (Yosua 7:1, 17, 18). Dia disebut juga Zimri (1 Tawarikh 2:6). 

2. Seorang suku Benyamin (1 Tawarikh 8:19). 

3. Seorang pengawas kebun anggur Daud (1 Tawarikh 27:27). 

4. Seorang suku Lewi (Nehemia 11:17), disebut juga Zikhri (1 Tawarikh 9:15).

  • ZADOK:



1. Putra Ahitub, dia adalah keturunan Eleazar, putra ketiga imam Harun, ia menjadi imam di istana Daudbersama Abyatar (2 Samuel 8:17) dan mengurus tabut TUHAN (2 Samuel 15:24).Ia mengambil bagian dalam tugas pengurapan Salomo menjadi pengganti Daud ketika Abyatar membantu Adonia (1 Raja-raja 1:7).Ia dan keturunannya mengemban tugas sebagai kepala imamat di Bait Suci Salomo.

Yehezkiel membatasi hak-hak istimewa imamat dalam negara persatuan, sehingga yang berhak hanyalah bani Zadok. Berdasarkan kenyataan, bahwa hanya merekalah yang tidak murtad di bawah pemerintahan raja-raja (Yehezkiel 44:15 dan ayat berikutnya). Di Bait Suci kedua, bani Zadok menyandang jabatan imam besar terus-menerus sampai tahun 171 sebelum Masehi, kemudian jabatan itu dialihkan kepada Menelaus oleh Antiokhus IV. Setelah itu peranan imamat bani Zadok mendominasi rumah ibadat Yahudi di Leontopolis di Mesir, sampai rumah ibadat itu ditutup oleh Vespasianus segera sesudah tahun 70 Masehi. Masyarakat Qumran tetap setia terhadap imamat bani Zadok dan mengharapkan kebangkitannya kembali. 

2. Seorang keturunan Zadok, kakek Hilkia (1 Tawarikh 6:12, 1 Tawarikh 9:11,  Nehemia 11:11). 

3. Ayah mertua raja Uzia dan kakek dari Yotam (2 Raja-raja 15:33, 2 Tawarikh 17:1). 

4. Dua orang yang membangun tembok Yerusalem di bawah Nehemia (Nehemia 3:4, 29), seorang di antaranya sama seperti Zadok, peserta penandatanganan perjanjian (Nehemia 10:21), dan Zadok ahli kitab' (Nehemia 13:13). 

  •  ZAFON :

Kota yang disebut dalam Yosua 13:27 dan Hakim-hakim 12:1, terletak di daerah bani Gad di lembah Yordan. Alkitab Terjemahan Lama menyamakannya dengan Amatus yang disebut oleh Yosefus, yang terletak di Tell Amatah. Tempat - tempat lain yang diusulkan sebagai pertapakan Zafon ialah Tell al-Sa'idiya dan Tell al-Kos.

  • ZAIR :


2 Raja-raja 8:21 mencatat bahwa raja Yoram maju ke Zair untuk menindas pemberontakan orang Edom. Dengan demikian Zair terletak di perbatasan Edom. Beberapa naskah lama menuliskan Zl(e)ior, dan Zair mungkin sama dengan Zior dalam Yosua 15:54, yang terletak di perbukitan Yehuda.

  • ZAITUN :


(Ibrani : zayit, Yunani : 'elaid'). Salah satu pohon paling berharga bagi orang Ibrani zaman purba. Zaitun pertama kali disebut dalam Kejadian 8:11, saat burung merpati kembali ke bahtera dengan sehelai daun zaitun. Setelah orang Israel menguasai Kanaan, bagi mereka zaitun merupakan tumbuhan istimewa (baca juga  Ulangan 6:11). Di kemudian hari zaitun dan anggur dihargai sebagai sumber penghasilan yang menguntungkan (1 Samuel 8:14, 2 Raja-raja 5:26). 

Kendati nama tanaman zaitun dalam bahasa Latin adalah Olea europaea, namun pohon itu dianggap asli di Asia Barat, yang kemudian dicirikan berasal dari wilayah Laut Tengah. Orang Timur menganggap zaitun sebagai simbol kecantikan, kekuatan, berkat Ilahi dan sebagai kemakmuran. Sejajar dengan tradisi Nuh, zaitun dan burung merpati dihormati sebagai lambang persahabatan dan perdamaian (baca juga Mazmur 52:10). 

Di beberapa wilayah Palestina, ada 4 jenis tanaman Zaitun di Asia Barat, sering merupakan satu-satunya pohon terbesar di sekitarnya. Zaitun yang jika dibudidayakan bisa tumbuh sampai kurang lebih 8 meter tingginya. Batangnya berubah-ubah bentuknya dan dahannya banyak. Zaitun berkembang lambat, tapi sering mencapai usia sampai puluhan tahun bila tidak diganggu atau ditebang. Bila pohon zaitun ditebang, maka tunas-tunas baru timbul dari akarnya. Ada kalanya timbul sampai 5 batang pohon baru. Batang-batang pohon yang hampir mati biasanya juga bertunas juga (baca juga Mazmur 128:3).
Ada begitu banyak kegunaan pohon zaitun sehingga lazim dimanfaatkan untuk banyak tujuan. Pohon zaitun dianggap layak dinamai raja pepohonan (Hakim-hakim 9 8) dan pada upacara pemahkotaan minyaknya dipakai melambangkan kekuasaan. Cabang-cabang pohon zaitun digunakan untuk membangun pondok-pondok pada Hari Raya bulan ketujuh (Nehemia 8:15). Buah zaitun yang segar atau yang diasamkan dan yang dimakan dengan roti, termasuk makanan penting Palestina pada zaman purba. Minyak zaitun merupakan bahan dasar pengolahan salep, juga dipakai untuk merias rambut. Di samping itu minyak zaitun dipakai sebagai bahan bakar (Matius 25:3), obat (Lukas 10:34, Yakobus 5:14), dan makanan (2 Tawarikh 2:10). 

Pohon zaitun luas dipakai sebagai simbol di kalangan orang Ibrani. Kekokohan dan kelebatan buah pohon itu menggambarkan orang benar yang ideal (Mazmur 52:8,  Hosea 14: 6), yang keturunannya dilukiskan sebagai 'tunas pohon zaitun' (Mazmur 128:3). Sebagai kiasan yang mengacu pada kecakapan karena bunga zaitun kadang-kadang berguguran, terdapat dalam Ayub 15:33, di mana Elifas menyatakan bahwa orang fasik 'seperti pohon zaitun yang jatuh bunganya”. Dalam Zakharia 4:3 kedua pohon zaitun itu adalah lambang keberhasilan mencakup kelimpahan, dimana Allah menyediakan segala sesuatu untuk keperluan manusia. 

Buah dari pohon zaitun liar ukurannya kecil dan tidak berharga. Supaya berbuah banyak maka pohon zaitun harus dicangkok. Caranya ialah mencangkokkan cabang yang baik bertumbuh pada cabang yang liar. Rasul Paulus menggunakan analogi ini sebagai kiasan untuk memperlihatkan bagaimana non Yahudi mempunyai kewajiban moral terhadap bangsa Israel yang benar, sekalipun ada yang menganggap salah bila mencangkokkan zaitun liar pada batang yang baik.


  • ZAKHARIA :


Secara keseluruhan di dalam Alkitab ada sekitar 28 orang menyandang nama Zakharia, kebanyakan dari mereka hanya disebut sekali dua kali saja, termasuk raja terakhir dari garis keturunan Yehu (2 Raja-raja 14:29, 2 Raja-raja 15:8, 11). 
Yang paling dikenal ialah Zakharia, seorang nabi, yang disebut bersama Hagai dalam Ezra 5:1 dan Ezra 6:14, dan yang nubuat-nubuatnya terdapat dalam Kitab yang menyandang namanya. Karena Zakharia dan Hagai bergairah membangun kembali Bait Suci dalam tahun 520 sebelum Masehi, maka diperlukan penjelasan perihal kebungkaman mereka selama tahun 536 sampai tahun 520, ketika pembangunan Bait Suci terhenti. Apakah karena mereka dalam usia kanak-kanak, yang pada saat itu baru kembali dari pembuangan bersama orangtua mereka pada tahun 537, atau mereka baru kembali kira - kira tahun 520, dalam hal ini mereka tentu telah lahir meskipun masih kanak-kanak pada tahun 537, namun, gairah merekalah yang memacu orang di sekitarnya untuk bangkit pada saat itu. Itu berarti Zakharia pada usia muda ketika ia mulai bernubuat, dan dialah "orang muda yang di sana' dalam Zakharia 2:4, jadi bukan orang yang memegang tali pengukur. Sangat mungkin bahwa bagian kedua Kitabnya berasal dari masa tuanya.


Dalam Kitab Perjanjian Baru Zakharia adalah nama dari ayah Yohanes Pembaptis (Lukas 1:5, dan ayt berikutnya). Ada juga catatan tentang 'Zakharia anak Berekhya, yang kamu bunuh di antara tempat kudus dan mezbah' (Matius 23:35, baca juga Lukas 11:51). Karena nabi Zakharia adalah anak Berekhya (Zakharia 1:1), maka mungkin ia mati martir, walaupun tidak ada catatan lain mengenai hal itu. Ada dugaan bahwa yang diacu oleh Lukas 11:51 adalah kematian Zakharia anak Yoyada sebagai martir dalam 2 Tawarikh 24:20-22, dan bahwa kekeliruan nama ayahnya adalah akibat kesalahan penulis Injil, atau berasal dari tambahan penyalin Injil, sebab hal itu tidak terdapat dalam naskah Lukas yang terbaik. Karena Tawarikh adalah Kitab terakhir dalam Alkitab Ibrani, maka ungkapan Abel dan Zakharia sama dengan ungkapan kita 'dari Kejadian sampai Wahyu'. Ada juga Zakharia anak Yeberekhya dalam Yesaya 8:2, tapi tidak ada alasan untuk menduga bahwa dia adalah Zakharia pada zaman Kristus.

  • ZAKHEUS :

Dari nama Ibrani dan Aram, Zakkai, bentuk singkat dari Zakharia. Ia kepala pemungut cukai di Yerikho dan menjadi murid Kristus (Lukas 19:1-10). Ia pengumpul pajak umum dan tidaklah diragukan bahwa ia menyalahgunakan kedudukannya untuk memperkaya diri sendiri. Karena sosoknya pendek, ia memanjat pohon untuk melihat Yesus, dan Yesus berkata akan singgah di rumahnya. 

Zakheus menyambut Yesus dengan penuh sukacita. Ia mengungkapkan pertobatannya dengan mengatakan, 'Setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin, dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang, akan kukembalikan empat kali lipat.

Kristus mengatakan pernyataannya itu menunjukkan bahwa Zakheus benar anak Abraham, dan menyatakan bahwa penyelamatan telah datang, bukan hanya bagi Zakheus, tapi juga bagi seluruh isi rumahnya. Orang-orang yang merasa dirinya benar di antara massa yang berkerumun itu, mengecam tindakan Yesus, tapi Dia menyatakan bahwa misi-Nya adalah untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. 

  • ZALMON :

Seorang dari pahlawan Daud, disebut sebagai orang Ahohi (2 Samuel 23:28). Dalam | Taw 11:29 ia disebut Ilai. 

  • ZAMZUMIM :


(zamzummim, artinya 'pembisik” dari akar kata bahasa Arab). Salah satu nama yang diberikan kepada Refaim dalam catatan arkeologis di Ulangan 2:20-23. Kelompok Zamzumim adalah suatu bangsa prasejarah dengan sosok tubuh raksasa. Mereka merupakan penduduk tertua Palestina dan meninggalkan bukti-bukti kehadirannya (misalnya di Ulangan 3:11, Yosua 15:8, 2 Samuel 21:16, 18, 20, 22). 'Zamzumim' adalah nama untuk mereka yang diberikan oleh orang Amon, yang merampas hak milik mereka. Bandingkan dengan 'Zuzim' dalam Kejadian 14:5.

  • ZANOAH :

1. Satu kota di perbukitan sepanjang pantai (Syefelah) (Yosua 15:34, Nehemia 3:13, Nehemia 11:30), yang diidentikkan dengan 'Kirbet Zanu', 3 km di sebelah selatan Bet-Semes, di sebelah barat Zanoa modern.

2. Satu kota di pegunungan dekat Yuta (Yosua 15:56: 1 Tawarikh 4:18). Daerah Kirbet Beit Amra, yang menghadap ke bawah ke Wadi el-Halil atau Hevron, yang bagiannya disebut Wadi Abu Zenah (Grollenberg, Abel): atau Kirbet Zanuta, di sebelah baratdaya Estemoa, atau Kirbet Yakin, 6 km di sebelah tenggara Hebron, yang menurut Noth (Yoshua) dituliskan Zanoa-nya Kain, tapi terjemahannya diragukan.

  • ZEBAH :


(Ibrani zevakh, "pembantaian massal”, 'korban”).

Salah seorang dari dua raja Midian yang menyerbu Palestina pada masa hakim Gideon. Beberapa orang Gideon dibantai dalam suatu serangan orang Midian (Hakim-hakim 8:18 dan ayatberikutnya). Gideon dengan teliti memilih 300 orang lalu mengejar pasukan penyerang. Masyarakat Sukot dan Pnuel menolak untuk membantu Gideon. Tapi Gideon menghukum mereka kemudian. Di Karkor (ayat 10) Gideon menangkap kedua pemimpin itu, Zebah dan Salmuna, dan membunuh mereka. Menyusuli perbuatan gagah berani itu, Gideon diminta untuk menjadi raja Israel, tapi ia menolak (Hakim-hakim 8:22, 23). Peristiwa ini memperoleh tempat di antara daftar kemenangan yang diberikan Allah kepada umat-Nya dalam Mazmur 83:1-12.

  • ZEBEDEUS :


(Yunani Zebedaios dari Ibrani zibdi, 'pemberian TUHAN ”). Ayah dari rasul Yakobus dan rasul Yohanes (Markus 1:19) dan suami Salome (Mat 27:56, Markus 15:40). Nelayan orang Galilea, nampaknya agak kaya ( Markus 1:20), ia tinggal di dekat Betsaida.

  • ZEBAOTH : 


lihat TUHAN Semesta Alam. 

  • ZEBOIM :


 1. Satu kota di tanah datar, dibinasakan bersama Sodom dan Gomora (Ulangan 29.23). Rajanya, Syemeber, adalah anggota persekutuan raja-raja yang dikalahkan oleh Kedorlaomer (Kejadian 14) 


2. Lembah dekat Mikhmas di daerah bani Benyamin (1 Samuel 13:18), modern: Wadi Abu Daba Frasa Ibrani berarti 'jurang anjing hutan.

3. Satu kota di wilayah bani Benyamin dari zaman sesudah pembuangan di dekat Lida.( Nehemia 11:34)

  • ZEBUL :


Penguasa Sikhem di bawah orang yang menamakan dirinya raja Abimelekh yang diselamatkan dari pemberontakan Gaal (Hakim-hakim 9:26-41).


  •  ZEBULON :

 (Yunani :Zaboulon). Satu dari 12 suku Israel, keturunan Yakub dari Lea. Akar katanya berkaitan dengan kata zabalu, 'mengangkat', dan muncul juga dengan arti 'memuliakan', (Kejadian 30:20), jadi bukannya 'bertempat tinggal' sebagaimana ditafsirkan secara tradisional. Baca juga 1 Raja-raja 8:13 dan Yesaya 63:15. Nama itu diduga dipakai dalam naskah-naskah Ugarit abad 14, tapi tidak harus sebagai nama diri.
Tiga anak suku (Zebulon) disebut: Sered, Elon, dan Yahleel (Kejadian 46:14, Bilangan 26:26): Sered dan Elon (Ayalon) adalah juga nama-nama tempat. Daerah Zebulon membentang dari sungai di depan Yokneam (Sungai Kison, tapi di dalam Yosua 21:34 Yokneam dimasukkan ke dalam daerah Zebulon, jadi mungkin maksudnya ialah Wadi el-Milh) ke timur sampai lereng Tabor dan ke utara sampai Rimon, barangkali Rumaneh, 10 km di sebelah utara Nazaret (1 Tawarikh 6:77, Yosua 21:35 mencatat 'Dimna”). Di sebelah timur terletak kotakota Kislot-Tabor dan Dobrat, di daerah Isakhar (Yosua 19:12, 18 , Yosua 21:28: '"Tabor' dalam 1 Tawarikh 6:77 mungkin merupakan pengubahan, karena teks di sini rusak, bandingkan dengan Yosua 21:34 ). Di batas selatan terletak Sarid (Yosua 19:10 dekat Syadud, 6 km di sebelah baratdaya Nazaret, menurut naskah Siria). Di barat berbatasan dengan daerah suku Asyer sampai lembah Yif-takh-El (“Allah akan membuka”), barangkali Sal el-Batof. Ke jurusan Nahalol dan Kitron suku Zebulon menggabungkan diiri, bukan merebut dan mendudukinya (Hakim-hakim 1:30). 

Tanah Zebulon adalah tanah yang subur,(1 Tawarikh 12:40) dan suku tersebut memiliki reputasi tinggi di Israel karena kepatriotannya (Hakim-hakim 5:14, 18, Hakim-hakim 6:35, 1 Tawarikh 12:33). Pada zaman Hizkia beberapa orang dari mereka ke Yerusalem untuk merayakan Paskah(2 Tawarikh 30:11).
Kota - kota berikut ini mencatat sumbangsih Zebulon dalam tiap tahapan perjalanan sejarah Israel yakni : Ayalon, tempat tinggal hakim Elon, Gat-Hefer, tempat tinggal Yunus, Nazaret, tempat dimana Yesus dibesarkan pada masa muda-Nya, Yotapata, dibela oleh Yosefus, kota Seforis sebagai pusat pemerintahan Romawi.

  • ZEDAD :


Salah satu tempat di batas utara tanah perjanjian (Bilangan 34:8) disebut juga dalam visi Yehezkiel tentang batas - batas Israel yang dipulihkan kembali(Yehezkiel 47:15)


  • ZEDEKIA :


1. Raja terakhir Yehuda 597-587 Sebelum Masehi. Ia adalah putra bungsu Yosia, yang dinobatkan oleh Nebukadnezar ketika saudara sepupunya Yoyakhin diturunkan dari tahta dan dibawa ke Babel bersama putra - putra terbaik kerajaan Yehuda.

Baik Yeremia maupun Yehezkiel nampaknya memandang Yoyakhin sebagai yang terakhir raja Yehuda yang sah. Zedekia (namanya diubah dari Matanya, mattanya, 'pemberian Tuhan” — oleh Nebukadnezar sebagai tanda raja bawahan) memerintah rakyatnya yang secara moral merupakan sampah umat, yang dipersiapkan Tuhan untuk memikul murka-Nya yang seberat - beratnya (baca juga Yeremia 24: 29:16-19: Yehezkiel 11:14-21). 

Catatan resmi mengenai pemerintahannya (2 Raja-raja 24:18-25:7, 2 Tawarikh 36:10-21, Yeremia 39:1-10, Yeremia 52:1-11) memusatkan perhatian pada pemberontakannya melawan Nebukadnezar, yang mengundang serbuan atas Yehuda dan pengepungan atas Yerusalem oleh orang Kasdim pada Desember 589 sebelum Masehi. Setelah bertahan selama 18 bulan, Yerusalem ditimpa bala kelaparan, dan jatuh pada Juli 587 sebelum Masehi. Zedekia dan sisa-sisa tentaranya berusaha lari dalam kegelapan malam, tapi mereka dikejar dan ditangkap di lembah Yordan dekat Yerikho. Raja dibawa ke Ribla di pinggir Sungai Orontes menghadap Nebukadnezar. Nebukadnezar mengharuskan Zedekia untuk menyaksikan anak-anaknya sendiri dibantai, sebelum mata Zedekia dibutakan. Kemudian, ia digiring ke Babel bersama sebagian besar rakyatnya yang berhasil selamat dari kehancuran Yerusalem. 

  • ZELOT : 

Golongan orang - orang Yahudi yang mati - matian menentang kuasa penjajah Romawi, sering berupa gerakan di bawah tanah. Nama itu berarti: orang yang giat berjuang untuk kebebasan politik. Seorang bekas anggota pasukan semacam itu, bernama Simon, menjadi murid Tuhan ( Lukas 6:15 , Kisah Para Rasul 1:13 ). 


  • ZINAH : 

Seringkali dipakai secara kiasan dalam arti: penyembahan berhala, ketidaksetiaan dan murtad terhadap Allah Israel, khususnya dalam kitab Yehezkiel dan Hosea.

  • Ziw : lihat Bulan


Belum ada Komentar untuk "Kamus Alkitab Indonesia Abjad Z"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel