Masa Dan Waktu Kedatangan Tuhan


kedatangan-tuhan


ALLAH MENGHENDAKI UMATNYA MENGERTI SEGALA ZAMAN DAN MASA 



Kisah Para Rasul 1:6-11
Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "TUHAN, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." 

Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.( 1 Timotius 1:17)

Firman ALLAH jelas menyatakan bahwa ALLAH menghendaki agar kita tidak bodoh terhadap masa kita, malahan supaya kita mengetahui persis keadaan zaman dan masa sehingga tidak ketinggalan dalam apa yang dikerjakan oleh Allah. Seandainya kita tidak mengerti, kita bisa salah dalam mengambil tindakan  Perhatikan contoh-contoh berikut ini dari Firman Allah yang menyatakan hal masa dan waktu kedatangan TUHAN dengan sangat jelas :

a. 1 Petrus 1:10-12. Rasul Petrus menjelaskan bagaimana nabi-nabi telah memeriksakan masanya dan bagaimana keadaan masa yang ditunjukkan oleh Roh Kristus...” sehingga mereka dapat mengetahui bahwa segala sesuatu yang mereka nubuatkan itu, bukannya bagi dirinya sendiri, melainkan bagi semua murid ,rasul dan pelayan - pelayan TUHAN. Dengan demikian nabi-nabi telah tahu masanya dan tidak salah mengerti. 

b. Daniel 9:2 : Daniel telah menyelidiki keadaan masanya dengan Firman Allah sehingga dia mengetahui sudah saatnya untuk TUHAN melepaskan umatNya dari perhambaan Babel. Maka Daniel berdoa supaya janji Allah ditepati dan terjadilah demikian. TUHAN mau supaya kita mengetahui masa kita supaya kita boleh juga memiliki segala janji Allah buat masa kini. 

c. Ester 4:14 : Bila membaca kitab Ester nyata sekali bahwa Allah telah mempersiapkan Ester untuk sesuatu dengan maksud tertentu pada suatu masa kelak. Mordekhai telah menyadari hal ini, bahwa di tengah-tengah penganiayaan nyata bahwa TUHAN mengadakan jalan keselamatan melalui peranan Ester, sehingga Mordekhai yang kuat beriman kepada TUHAN juga menasehatinya bahwa bahaya bila dia melalaikan kesempatan yang diberikan TUHAN kepadanya, ”' Karena jikalau engkau berdiam diri pada masa yang begini, niscaya akan datang juga penghiburan dan pertolongan bagi orang Yahudi dari pihak yang lain, 
maka engkau akan binasa kelak serta dengan segala orang isi rumah bapamu.” Maka Ester harus tahu betul-betul adakah ini masanya atau tidak. Kitapun harus menghadapi pilihan yang sama sehingga sangat penting untuk kita mengetahui keadaan zaman dan masa untuk kita bertindak atau tidak bertindak. 

d. Matius 24:3-31. Murid-murid Yesus ingin mengetahui tentang saat Yesus mau kembali sehingga mereka bertanya kepadaNya kapan zaman dan masanya perkara tersebut berlaku kelak? Lalu TUHAN Yesus menceriterakan kepada mereka berbagai-bagai tanda yang akan menunjukkan masa itu, TUHAN Yesus menegaskan, "harinya dan masanya tidak diketahui oleh siapapun ". Akan tetapi mereka akan mengetahui masanya sebagaimana digambarkan dalam contoh mengenai nabi Nuh. Nuh sudah tahu akan ada air bah sehingga membuat persiapan yang tepat. Namun TUHAN sudah tahu pasti akan datang masanya, oleh karenanya manusia penting untuk mempersiapkan diri menurut perintah TUHAN, ketika tibanya saat air bah, Nuh sekeluarga memasuki bahtera dan selamat sedangkan seluruh manusia yang lain binasa sebab "'tiadalah mereka itu sadar'' akan masanya. "'Maka sebagaimana keadaan pada zaman Nuh itu, demikian juga hal kedatangan Anak Manusia."' 

e. 1 Tesalonika 5:1-11, Rasul Paulus dalam surat Tesalonika ini kepada jemaat di Tesalonika berkata, "Tetapi dari hal segala zaman dan masa itu, hai saudara-saudaraku, tak usahlah dituliskan kepadamu. Karena kamu sendiri mengetahui bahwa hari TUHAN seperti pencuri pada waktu malam ...” Paulus di sini menguraikan perbedaan antara keadaan orang percaya dan yang tidak percaya. Bagi orang yang tidak percaya, kedatangan Yesus akan tiba-tiba seperti kedatangan pencuri pada malam hari, akan tetapi bagi orang orang percaya, yang adalah ''anak-anak terang dan anak-anak siang'" kedatangan Yesus tidak akan ""menimpa kamu seperti seorang pencuri.” Oleh sebab itu Paulus menganjurkan, ''biarlah jangan kita tidur seperti orang-orang lain...."" 

f. Roma 13:11-12. Kepada sidang Jemaat Roma, Paulus juga memberi nasehat agar supaya mereka berjalan dalam terang dan siap sedia, "'sedang kamu mengetahui keadaan masa sekarang ini, bahwa waktunya sudah tiba, kamu patut bangun daril tidur... waktunya sudah jauh malam, dan siang sudah dekat...” 


BAGAIMANA CARANYA UNTUK KITA MENGETAHUI SEGALA ZAMAN DAN MASA?


Orang-orang percaya yang ingin mengerti dan mengetahui akan segala zaman dan masa hanya akan memperolehnya melalui Firman Allah dan kuasa Roh Kudus. Pengetahuan di luar kedua sumber ini adalah pengetahuan yang menyesatkan. Kedua hal ini, Firman dan Roh bekerja bersama, dan tidak mungkin bertentangan. 



  •   Firman TUHAN


a. Daniel 9:2. Daniel telah mengerti zamannya oleh karena menyelidiki Firman Allah yang diterangi oleh kuasa Roh Kudus.(Gabriel). 
Daniel 2:20-23, Daniel 8:15-27,  Daniel 10:14, Daniel 12:4. 

b. Yehezkiel 12:21-28. Setiap nubuat, mimpi dan khayal yang benar dari TUHAN pasti akan genap pada masa yang ditentukan baginya. Firman TUHAN tidak berdusta dan tidak akan lambat, baca juga Habakuk 2:3.

  •  Roh Kudus


a. 1 Korintus 26-16. Mengerti perkara-perkara rohani adalah di luar kesanggupan manusia jasmani, biarpun mempunyai pendidikan tertinggi. Rasul Paulus adalah seorang cendekiawan pada masanya tetapi segala pengetahuannya dia hanya menganggap sebagai sampah dalam hal mengerti perkara-perkara dunia. Paulus telah mengetahui bahwa hal-hal rohani, yang hanya dapat dimengerti oleh kuasa Roh Kudus. Orang duniawi tidak menerima barang yang dari Roh Allah itu, karena perkara itu menjadi kebodohan baginya, dan tidak dapat mengenalnya, sebab perkara itu diselidiki secara rohani." 

b. Kisah Para Rasul 1 6-8.

Murid-murid Yesus untuk kedua kalinya menanyakan tentang soal masa dan waktu. Ternyata mereka belum juga mengerti akan masa dan waktu pemulihan kerajaan Allah sehingga mereka bertanya kepada Yesus, ''pada masa inikah TUHAN membangunkan pula kerajaan bagi bani Israel ?” Dalam ayat 7 Yesus menjelaskan kepada mereka bahwa tidak dapat mereka mengetahuinya sebab KUASA mengetahui segala hal itu adalah dalam tangan Bapa. Lalu Yesus menyambung dengan janji bahwa mereka akan memiliki KUASA itu apabila mereka sudah dipenuhi dengan Roh Kudus. Sebelum mereka menerima janji Bapa itu, mereka tidak dapat mengalami ataupun mengerti kuasa Bapa itu. Maka setelah mereka diurapi dengan Roh Kudus baru mereka dapat mengerti tentang soal zaman dan masa, seperti kita lihat di sidang Tesalonika (1 Tesalonika 5:1) dan sidang Roma (Roma 13:11). Firman Allah telah mendampingi mereka selama tiga setengah tahun tetapi pada waktu itu mereka membutuhkan Urapan untuk memberi kepada mereka pengetahuan, pengertian dan ilham. Demikianlah pekerjaan Roh Kudus yang dijanjikan oleh Yesus kepada murid-muridNya itu. Baca juga Yohanes 14:26, Yohanes 16:12-15. Roh Kudus akan menerangi lebih jauh kepada mereka berdasarkan segala perkataan Yesus, maka tanpa Roh Kudus pengetahuan dan pengalaman kita akan kurang lengkap untuk mengerti rahasia-rahasia Allah dengan sepenuhnya, kita harus penuh dengan Roh Kudus. Kita harus mengalami baptisan Roh Kudus itu. Matius 3:11, Kisah Para Rasul 1:4-8. Perhatikan apa yang dialami Petrus langsung setelah menerima kuasa Roh Kudus itu, dia dapat mengetahui akan masa dan ketika penggenapan nubuatan Nabi Yoel, bahkan sampai ke Akhir Zaman. Kisah Para Rasul 2:1-18. 

Oleh karena itu, pada akhir zaman ini sangat penting untuk kita menggali lagi secara terus-menerus untuk mengetahui segala rahasia Firman Allah serta memohon kuasa Roh Kudus untuk mengilhami kita dengan pengertiannya. Tanggung-jawab kita berat, khususnya bagi setiap orang yang menjadi seorang hamba TUHAN. Dengan pengertian tentang masa kita dan dengan mengetahui apa yang Firman TUHAN telah nubuatkan maka kita harus meniupkan Nafiri Allah memberitakan bahaya-bahaya yang akan datang pada akhir zaman supaya jangan umat TUHAN binasa melainkan beroleh kehidupan dan kemenangan. Kalau kita melalaikan tanggung-jawab kita sebagai orang yang menantikan hari TUHAN maka TUHAN akan menuntut darah mereka dari pada kita. (Yehezkiel 33:1-20).

Belum ada Komentar untuk "Masa Dan Waktu Kedatangan Tuhan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel